Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah
Abstract
Peserta didik adalah makhluk yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing, dimana mereka sangat memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya. Namun dalam realitasnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan dan hambatan dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tersebut khususnya dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini terjadi karena faktor internal dan eksternal dalam proses belajar serta pembelajaran sejarah masih dianggap tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkap kembali saat menjawab soal-soal ujian. Kenyataan ini tidak dapat dipungkiri, karena masih terjadi sampai sekarang. Pembelajaran sejarah yang selama ini terjadi di sekolah-sekolah dirasakan kering dan membosankan.Kajian ini membahas mengenai kesulitan peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Hasil yang diharapkan dari kajian ini adalah guru sebagai pendidik mampu memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah dan peserta didik bisa mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Benson E. Gever. 1970. Failure and Learning Disability. Wiley on behalf of the International Literacy Association. 311-317
Bloom S. Benjamin & Englehart D. Max. 1956. PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia
Michele Poletti, PsyD, Elisa Carretta, MS, Laura Bonvicini, MS, and Paolo Giorgi-Rossi, PhD. 2016. Cognitive Clusters in Specific Learning Disorder. Sage. 1-11.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Permendiknas No. 20 TAHUN 2003
Permendiknas pasal 1 ayat 4 UU RI No. 20 Tahun 2003
Sayono, Joko. 2013. PEMBELAJARAN SEJARAH DISEKOLAH: DARI PRAGMATIS KE IDEALIS. 9-17
Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p214-235
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.