Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah

Akhmad Saidillah

Abstract


Peserta didik adalah makhluk yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing, dimana mereka sangat memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya. Namun dalam realitasnya ada  beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan dan hambatan dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tersebut khususnya dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini terjadi karena faktor internal dan eksternal dalam proses belajar serta pembelajaran sejarah masih dianggap tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkap kembali saat menjawab soal-soal ujian. Kenyataan ini tidak dapat dipungkiri, karena masih terjadi sampai sekarang. Pembelajaran sejarah yang selama ini terjadi di sekolah-sekolah dirasakan kering dan membosankan.Kajian ini membahas mengenai kesulitan peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Hasil yang diharapkan dari kajian ini adalah guru sebagai pendidik mampu memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah dan peserta didik bisa mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p214


Keywords


kesulitan peserta didik, proses pmbelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Benson E. Gever. 1970. Failure and Learning Disability. Wiley on behalf of the International Literacy Association. 311-317

Bloom S. Benjamin & Englehart D. Max. 1956. PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia

Michele Poletti, PsyD, Elisa Carretta, MS, Laura Bonvicini, MS, and Paolo Giorgi-Rossi, PhD. 2016. Cognitive Clusters in Specific Learning Disorder. Sage. 1-11.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Permendiknas No. 20 TAHUN 2003

Permendiknas pasal 1 ayat 4 UU RI No. 20 Tahun 2003

Sayono, Joko. 2013. PEMBELAJARAN SEJARAH DISEKOLAH: DARI PRAGMATIS KE IDEALIS. 9-17

Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p214-235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats