Media Lingkungan Sekolah Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV SD

Ida Putriani, Sri Murdiyah, Rochani Rochani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian di SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan rata-rata persentase aktivitas guru 97% dan aktivitas siswa 94%. Hasil menulis siswa meningkat mencapai ketuntasan klasikal 100%.


Keywords


peningkatan; keterampilan menulis; media lingkungan sekolah

Full Text:

PDF

References


Akhaidah, Sabarti dkk. 1993. Bahasa Indonesia II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Akhaidah, Sabarti dkk. 1993. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.2010. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo

Zuhdi, Darmiyati dan Rofiudin, Ahmad. 1999. Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v25i22017p058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ida Putriani, Sri Murdiyah, Rochani Rochani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats