Media Lingkungan Sekolah Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV SD
Ida Putriani, Sri Murdiyah, Rochani Rochani
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian di SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan rata-rata persentase aktivitas guru 97% dan aktivitas siswa 94%. Hasil menulis siswa meningkat mencapai ketuntasan klasikal 100%.
Keywords
peningkatan; keterampilan menulis; media lingkungan sekolah
Akhaidah, Sabarti dkk. 1993. Bahasa Indonesia II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Akhaidah, Sabarti dkk. 1993. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.2010. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo
Zuhdi, Darmiyati dan Rofiudin, Ahmad. 1999. Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi