Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita

Risky Maretta Rudita, Abdul Huda, Rizqi Fajar Pradipta

Abstract


Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini adalah orangtua dari peserta didik SLB Kedungkandang Malang sebanyak 21 orang. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orangtua dan kesadaran menggososk gigi anak tunagrahita dimana yang diperoleh nilai korelasi rho sebesar 0,808 (tinggi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif dan sejalan antara pola asuh orang tua dan kesadaran menggosok gigi anak tunagrahita.


Keywords


Pola Asuh; Kesadaran Menggosok Gigi; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. dan Hadi, S. (2013). Pengembangan

Kurikulum dan Pembelajaran: Ilmu Pengetahuan

Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto, S (2006). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik, Edisi VI. Jakarta: Penerbit

PT Rineka Cipta.

Darmawan, L. (2007). Cara Cepat Membuat Gigi Sehat

& Cantik dengan Dental Cosmetics. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Dewantoro, D. A., Susilawati, S. Y., & Pradipta, R.

F. (2018). Family Environment Support in Early

Intervention of Children with Cerebral Palsy.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik.

Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).

Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.

In 6th International Conference on Education and

Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis

Press.

Rimm, S. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin

pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syaiful. (2014). Peran Pola Asuh Demokratis

Orangtua terhadap Pengembangan Potensi Diri

dan Kreativitas Siswa Isi Jurnal. Dalam Harbeng

Misni. Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm.61).

Jambi: Penerbit Universitas Batanghari Jambi.

Tiyas, L. R. (2015). Pemanfaatan Media Boneka Gigi

untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri

(Menggosok Gigi) Anak Tunagrahita Kelas I di

SDLB Marsudi Utomo Kesamben Kabupaten

Blitar. Skripsi. Malang: FIP UM.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20.

Sistem Pendidikan Nasiaonal. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia. (Online). (http://www.

depdiknas.go.id/ UU RI No 20/2003- Sistem

Pendidikan Nasional), diakses 2 Februari 2018.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23.

Perlindungan Anak. Jakarta: Komisi

Perlindungan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats