Implementasi Model Pendampingan Mahasiswa Difabel oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya Malang

Miftachul Jannah, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


Salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan inklusif adalah Universitas
Brawijaya. Perwujudan lingkungan inklusif dilakukan dengan memberi layanan pendampingan oleh
Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) bagi mahasiswa difabel. Pendampingan bagi mahasiswa
difabel membantu para penyandang difabel memperoleh akses belajar ke perguruan tinggi. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian adalah
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa
(1) pelaksanaan pendampigan mahasiswa difabel sudah sesuai dengan jenis hambatan, karakteristik
dan kebutuhan belajar mahasiswa difabel; (2) layanan pendampingan masih belum bisa mengatasi
ketergantungan mahasiswa difabel terhadap pendamping.

One of the universities that conducts inclusive education is Brawijaya University. The
realization of an inclusive environment is carried out by providing mentoring services by the Center
for Disability Studies and Services for students with disabilities. Facilitation activities for students
with disabilities help people with disabilities get access to study to college. Techniques of collecting
data using interviews, observation and documentation. This research method is qualitative by using
descriptive approach. Based on the research, it is found that: (1) the implementation of facilitation of
disabled students is in accordance with the type of barriers, characteristics and needs of students with
disabilities; (2) mentoring services still can’t overcome the dependence of students with disabilities to
the companion.


Keywords


Pendampingan; Mahasiswa Difabel; PSLD UB

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, (2013) Manfaat Pendampingan Terhadap Peningkatan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Cerebral Palsy. Skripsi tidak diterbitkan: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cole, Peter. & Chan, Lorna, (1990) Methods and Strategies for Special Education. Australia: Prentice Hall of Australia Pty Ltd.

Effendi, Mohammad. (2016) Modul Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hatu, R. A. (2010) Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial dalam Masyarakat (Suatu Kajian Teoritis), 7 (4). (Online)(http://download.portalgaruda.org), diakses 30 Januari 2017.

Kementrian Sosial RI. (2014) Pengkajian Kompetensi Tenaga Pendamping bagi Penyandang Disabilitas. Kementrian Sosial Republik Indonesia. (Online), (http;//puslit.kemsos.go.id), diakses 25 Desember 2016

Manansala, M. A. & Dizon, E. I. (2008) Shadow Teaching Scheme for Children with Autism and Attention Deficit-Hyperactivity Disorder in Regular Schools, (Online), 66 (1): 34-49, (http://journal.upd.edu.ph/index.php), diakses 8 Februari 2017.

Nur’aeni., Dewi, D. S. E., & Hawanti, S. (2014) Model Program Pembelajaran Individual untuk Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar Melalui Pelatihan Terapi Gerak bagi Shadow Teacher di SD Inklusi.(Online), 4 (1): 319-326, (http://prosiding.lppm.unisba.ac.id), diakses 13 Februari 2017.

Sugiyono. (2013) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Syafitri, M. M. (2015) Perlindungan Hukum bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas dalam Memperoleh Pendidikan Inklusif. Skripsi tidak diterbitkan, Malang: FH UB

Undang-Undang RI No. 20 Tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. (Online)(http://www.jdih.bpk.go.id), diakses 4 Desember 2016.

Undang-Undang RI No. 19 Tahun (2011) tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. (Online),(http://www.jdih.bpk.go.id), diakses 4 Desember 2016.

Zufri, O. R. (2014) Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (Pkh) di Kabupaten Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Unej




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p45-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats