Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar

Dewi Rahmawati Hartadi, Dimas Arif Dewantoro, Ahsan Romadlon Junaidi

Abstract


Malang belum memiliki peraturan yang jelas terhadap pendidikan inklusif, sehingga ada begitu banyak sekolah yang menafsirkannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif untuk siswa sekolah dasar di Lowokwaru, Malang. Menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan multisitus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) deskripsi implementasi inklusif, (2) deskripsi rencana inklusif, (3) deskripsi pembelajaran inklusif, dan (4) deskripsi evaluasi pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar di Lowokwaru , Malang.

Keywords


Kesiapan; Inklusif; Regulasi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, H. M. (2015). Faktor-faktor determinan dalam pendidikan, 8(2), 1–17. Efendi, M., & Malang, U. N. (2018). The Implementation of Inclusive Education in Indonesia for Children with Special Needs : Expectation and Reality, 2(1), 142–147. Inklusif, P. P. (2011). Pedoman Umum Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, (70). Kadir, A. (2015). Penyelenggaraan Sekolah Inklusi Di Indonesia Abd. Kadir (Dosen PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya). Pendidikan Agama Islam, 03, 1–22. Miles, B. Matthew. Huberman, A. Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Arizona State University: Sage Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Nations, U. (1994). The Salamanca Statement Framework, (June), 7–10. Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya, (November), 237–242. Profile, S. E. E. (2015). Problems and prospects of inclusive education in india, (March). Saat, S. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 2(8). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat.. TIM KPAI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Widyastono, H. (2007). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkelainan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(65), 314-324. Yusuf, M., & Choiri, S. (2018). The Effectiveness of Inclusive

Education and Child Protection Training on Understanding Inclusive Education Subject Matter, 2(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p90-95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats