Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Masluhah Masluhah, Kiki Rizkiatul Afifah, Ahmad Hafid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yang berdasarkan kriteria subjek penelitian sebanyak 20 siswa pada satu kelas di mata pelajaran IPS. Dokumentasi dan tes penilaian berupa pre-test dan post-test merupakan teknik pengambilan data pada penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji Paired Sample t-tes. Berdasarkan pada hasil uji pre-test dan post-test disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis infografis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p11


Keywords


infografis; media pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Aldila, T. H., Musadad, A. A. & Susanto, S., (2019) "Infografis sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Sejarah bagi Siswa SMA," Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(1), pp. 141-152.

Alifia, U. et al., (2020) Belajar dari Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19.

Budi, S. & Anshori, I., (2020) "Analisis Efektifitas Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19," Jurnal pendidikan dan manajemen islam, 11(1).

Darajat, Z., (2008) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dunlap, J. C. & Lowenthal, P. R., (2016) "Getting Graphic about Infographics: Dsign Lessons Learned from Popular Infographics," Journal of Visual Literacy, 35(1), pp. 42-59.

Haruyati, H., (2013) "Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Audio Visual Berbentuk CD Interaktif Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar," Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), pp. 1-6.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E. & Kuswanto, H., (2020) "Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19," JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp. 65-70.

Imanuel, K., (2020) Pengaruh Penggunaan Media Infografis Timeline Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara terhadap Minat Belajar pada Siswa SMAN 1 Bintang Ara Kelas X, Kalimantan Selatan: Universitas Lambung Mangkurat.

Mansur, H. & Rafiudin, R., (2020) "Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa," Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), p. 3148.

Mario, G., Muhdy, A. A. & Ahmad, A. A., (2021) "Media Pembelajaran Infografis dengan Materi Unsur dan Prinsip Seni Rupa," Jurnal Imajinasi, 5(1), p. 1–11.

Miftah, M. N., Rizal, E. & Anwar, R. K., (2016) "Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Info-grafik)," Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 4(1), pp. 87-94.

Mufti, M. B., (2016) Pembelajaran Pelestarian lIngkungan Hidup melalui Media Infografis pada Masyarakat Penambang Pasir dan Batu di Desa Kalisumur Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muhid, A., (2019) Analisis Statistik: 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. 2nd. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Nasution, A. H. & Diansyah, A., (2020) "Pengembangan Media Berbentuk Infografis dalam Pembelajaran Sejarah di Tingkat SMA," JS (Jurnal Sekolah), 4(3), pp. 262-265.

Noh, M. A. M., Fauzi, M. S. H. M., Jing, H. F. & Ilias, M. F., (2017) "Infographics: Teaching and Learning Tool," Malaysian Online Journal of Education, 1(1), pp. 58-33.

Purnomo, A., Ratnawati, N. & Aristin, N. F., (2016) "Pengembangan Pembelajaran Blended Learning pada Generasi Z," Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), pp. 70-77.

Sari, E. P., Anwar, C. & Irwandani, I., (2018) "Pengembangan Media Berbentuk Infografis sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X." Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), pp. 71-78.

Senjaya, W. F. et al., (2019) "Peran Infografis sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Siswa." Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 55-62.

Skinner, E. & Pitzer, J., (2012) "Developmental Dynamics of Student Engagement, Coping, and Everyday Resilience," dalam: S. L. Christenson, A. L. Reschly & C. Wylie, penyunt. Handbook of Research on Student Engagemen. United States: Springer, pp. 21-44.

Sugiyono, (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, N., Salim, A. & Mift, M., (2012) Panduan Mengajar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Zikrul Hakim.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M. & Windarti, T., (2015) "Efektivitas Infografis sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro," Jurnal ArtNouveau, 4(1), p. 2.

Taufik, M., (2012) "Infografis sebagai Bahasa Visual pada Surat Kabar Tempo," Techno.com: Jurnal Teknologi Informasi, 11(4), pp. 156-163.

Thaariq, Z. Z. A. & Anggraini, R., (2021) "Pengejawantahan Blended Learning untuk Mendukung Kultur Lingkungan Belajar Berbasis Kehidupan Pasca Pandemi," Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(2), pp. 103-116.

Utomo, E. P., (2021) "Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPS," Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(1), pp. 45-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0