Development of Multimedia-Based Online UKBM KD 3.1 Wohnung Material for Class XI

Azizah Rahma, Dewi Kartika Ardiyani

Abstract


 

Tujuan dari dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan UKBM daring berbasis multimedia serta mendeskripsikan kualitas dari UKBM yang telah dihasilkan. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran mandiri. UKBM dikembangkan berdasarkan KD 3.1 dan 4.1 dengan mengambil materi Wohnung yang diperuntukkan untuk siswa kelas XI. Dalam hal ini, penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan jika UKBM berkualitas baik, layak digunakan, dan menarik untuk digunakan sebagai pendamping belajar mandiri siswa. Sesuai dengan penjelasan Karademir dkk., (2019), bahwa bahan ajar digital merupakan prangkat yang efektif baik untuk pembelajaran di dalam kelas ataupun diluar kelas.


Keywords


Android-based application, Digital Textbook, UKBM, German Exercises and Materials

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, vol 5(ADDIE Model), 5.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, ED Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Astari, Leni Agustina. 2018. Die Materialien Für Das Selbstlernen Der Schüler In Der 10. Wahlfachklasse SMA Negeri 8 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FS UM.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA). 2017. Panduan pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hao, Y., Lee, K. S., Chen, S.-T., & Sim, S. C. (2019). An evaluative study of a mobile application for middle school students struggling with English vocabulary learning. Computers in Human Behavior, 95, 208–216. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.013

Karademir, T., Alper, A., Soğuksu, A. F., & Karababa, Z. C. (2019). The development and evaluation of self-directed digital learning material development platform for foreign language education. Interactive Learning Environments, 1–18. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1593199

Mufida, R. Z. & Kurniawan, D. 2018. Pengembangan Role Playing Game “In Meinem Traum” sebagai Media Pembelajaran untuk Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI SMA. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 2(1).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158. Tahun 204 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. bsnp Indonesia (online), (http://bnsp-indonesia.org), diakses 11 Oktober 2021.

Putriningtias, A. D., & Kurniawan, D. (2021). Pengembangan Game Berbasis Android Wei T Du Das? Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Dengan Tema Wohnung. Journal DaFina-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien,5(1), 16-12, Dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120.

Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the Best of Online and Face-to-Face Learning: Hybrid and Blended Learning Approach for COVID-19, Post Vaccine, & Post-Pandemic World. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865

Sparrow, R., Dartanto, T., & Hartwig, R. (2020). Indonesia Under the New Normal: Challenges and the Way Ahead. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 269–299. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1854079

Sukmadinata N.S. 2011. IMetode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri. Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) (online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/satuan-pendidikan-di-wilayah-ppkm-level-13-dapat-laksanakan-ptm-terbatas), diakses pada tanggal 15 Desember 2021

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Vagg, T., Balta, J. Y., Bolger, A., & Lone, M. (2020). Multimedia in Education: What do the Students Think? Health Professions Education, 6(3), 325–333. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011

Yamin, A. R. M.(2021). Media Berbasis Android "Busuu" untuk Pembelajaran Mandiri Bahasa Jerman. Journal DaFina-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5 (1), 30-35: Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/19136/8097.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v6i12022p28-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

 

 

 

 

eISSN 2548-1681