Preferences in the Selection of German as a Cross-Interest Subject by 10th Grade Students of 2020 SMA Negeri 5 Malang

Dessy Nour'Aini Rachmawati, Edy Hidayat

Abstract


This research aims to describe the preferences and motivations behind the selection of German as a foreign language cross-interest subject of 10th-grade students of Cross-Interest German Class in the academic year 2020. This study used a qualitative descriptive method. The data collection technique was a questionnaire given through Google Forms and filled out directly by students. The sheet questionnaire is used to collect the result of the preferences and motivations behind the selection of German as a foreign language cross-interest subject. The collected data is grouped, submitted to the triangulator for checking, and conclusions are drawn to answer the problem formulation. The results showed that there are 7 preferences: self-understanding, self-knowledge, confidence in decisions, supporting facilities, the role of a third person, and consistency and recommendation. The motivations for selecting German are divided into 6: the desire to succeed, encouragement and need to learn, reward by learning, learning process, environmental circumstance, and availability of facilities.

Keywords


preferences; students; German; cross-interest subject

Full Text:

PDF

References


Afriska, A. E. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Keputusan Memilih Program Lintas Minat Ekonomi SMA N 1 Binangun Kabupaten Cilacap (Studi Pada Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015). Semarang, FE UNNES. Dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Minat+dan+Motivasi+Siswa+Terhadap+Keputusan+Memilih+Program+Lintas+Minat+Ekonomi+SMA+N+1+Binangun+Kabupaten+Cilacap&btnG=

Andriani, S. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM LINTAS MINAT DI SMA NEGERI 1 KANDANGAN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang). Dari https://eprints.umm.ac.id/75078/

Anggreani, D., Mukid, M. A., & Rusgiyono, A. (2013). Analisis Preferensi Siswa SMA di Kota Semarang Terhadap Program Studi di Perguruan Tinggi dengan Metode Choice-Based Conjoint. Jurnal Gaussian, 2(4), 301-310. Dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/article/view/3789

ANTARA NEWS. 28 September 2018. Goethe: Ribuan Sekolah Indonesia Ajarkan Bahasa Jerman, hlm. 1. (online), (https://jogja.antaranews.com/berita/361036/goethe-ribuan-sekolah-indonesia-ajarkan-bahasa-jerman), diakses 23 Januari 2021.

Ardiansyah, B. I., & Kurniawan, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran “DAKON” untuk Melatih Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 1(1), 26-30. Dari http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1205093&val=9823&title=Instructional%20Media%20Development%20Dakon%20to%20Improve%20Speaking%20Skill%20OF%20SMA%20Negeri%205%27s%2010th%20Grade%20Students

Arianto, B. Y. P. (2018). Pengembangan Aplikasi Kuis Untuk Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kelas X Semester 2 Berbasis Android Melalui Situs Web Appsgeyser. LATERNE, 7(2). Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/24932

Arlizon, R. A. R., & Umari, T. U. T. ANALISIS PREFERENSI SISWA MEMILIH SMA BOARDING SCHOOL BABUSSALAM PEKANBARU TAHUN AJARAN 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-14. Dari https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/5823/0

Aspian, A. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 24(1), 1-18. Dari https://ejournal.iainkendari.ac.id/

Bagán, H., Sayós, R., & García, J. F. 2015. Skill Development in Experimental Courses. Journal of Technology of Science Education, 5(3), 169-183. Dari http://dx.doi.org/10.3926/jotse.158

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ingatkan Pentingnya Kemampuan Bahasa Asing, Mendikbud Ajak Siswa Juga Cintai Bahasa Indonesia. (online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2017/02/ingatkan-pentingnya-kemampuan-bahasa-asing-mendikbud-ajak-siswa-juga-cintai-bahasa-indonesia#:~:text=%E2%80%9CPencapaian%20bahasa%20asing%20bukan%20sekedar%20mengubah%20pencapaian%20bahasa,dari%20siswa%20yang%20hanya%20memiliki%20ketrampilan%20satu%20bahasa), diakses 23 Januari 2021.

Fatchurahman, M., & Bulkani, B. (2018). Preferensi siswa terhadap perilaku konselor dengan minatnya pada program bimbingan dan konseling. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), 239. Dari https://core.ac.uk/download/pdf/154366913.pdf

Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1-7. Dari https://scholar.archive.org/work/73e6gzaelvfjbhn7qhvn4yy2ni/access/wayback/http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak/article/download/119/156

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143. Dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=AqSAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+deskriptif+tidak+menjelaskan+keterkaitan+antar+variabel+karena+hanya+memuat+satu+variabel+yang+didasarkan+pada+kedalaman+analisis+(Gunawan,+2013)&ots=m11wop6YqP&sig=FlOJO-UkekxNl1UrdAtnL8gNzyk

Hadi, S. 2017. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 74-79. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/8721/4194

Hastari, R. C. (2018). Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Mahasiswa Di Kabupaten Tulungagung. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 180-196. Dari http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/829

Hudri, A. 2020. Badai Politik Uang dalam Demokrasi Lokal. Malang: Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing). Dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=t2H8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR9&dq=Jalaludin+Rahmat+(2012:50),+preferensi+adalah++kecenderungan+seseorang+dalam+memilih+suatu+yang+didasarkan+atas+keinginan,+kepentingan,+atau++rasa+suka+atau+tidak+suka+yang+melingkupi+komponen+persepsi,+sikap,+dan+nilai&ots=r6NAyw3dBW&sig=-f7HHvaXOlbSBvJ5_-woUb2UWYM

Jaya, S., Anwar, C., & Hermawan, H. (2017). Sistem pemilihan program studi berdasarkan bakat, minat dan kecerdasan calon mahasiswa berbasis online. Prosiding Semnastek. Dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1934

Khosiyono, B. H. C. (2018). Kebijakan pendidikan bahasa asing di Indonesia dalam perspektif masyarakat global. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(1), 70-82. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/20612

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kudriyah, S. (2008). Pengajaran Bahasa Jerman Di Indonesia. -. Dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/544

Nasirotun, S. (2013). Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), 37061. Dari https://www.neliti.com/publications/37061/pengaruh-kondisi-sosial-ekonomi-dan-pendidikan-orang-tua-terhadap-motivasi-melan

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207-213. Dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/download/4219/2854

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. Dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014 tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah. SMA Kemendikbud (online), (https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Permendikbud%20Nomor%2064%20Tahun%202014%20Tentang%20Peminatan%20pada%20Pendidikan%20Menengah.pdf), diakses 23 Januari 2021.

Rahayu, Y. D., & Kurniawan, D. (2021). Preferences in the Selection of Specialization Courses by the Students of German Department Class of 2017 State University of Malang. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(2), 40-47. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/23528

Rahmasari, B. A. W., & Hidayat, E. (2020). PASCH and Non-PASCH Students’ Internal and External Learning Motivation. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(1), 31-38. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/15122/0

Riafadilah, A., & Dewi, L. (2018). Evaluasi terhadap implementasi lintas minat dalam kelompok peminatan di SMA/MA Kecamatan Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 129-133. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/19831

Sandro, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Mobil MPV Merek Toyota Innova di Semarang. Skripsi Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Semarang. Dari https://core.ac.uk/download/pdf/35382708.pdf

Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Terjemahan Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. INDEKS. Dari https://repositori.kemdikbud.go.id/18053/1/Panduan_Penilaian_SMA_Final_02082017.pdf

Setiadi, N. J., & SE, M. 2015. Perilaku Konsumen: edisi revisi. Jakarta: Kencana. Dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=HdxDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=related:T4HPwxBSNsYJ:scholar.google.com/&ots=PmQnua0RMS&sig=lIGCjv5vqeiuz5AYj3k9J7iL5n4

Shodiqin, M. A., Fathoni, A., & Yulianeu, Y. (2018). THE INTERNET SUBSCRIBER PREFERENSI FACTOR IN DECIDING TO USE THE SER VICES AT 13.00-19.00 (case study at the internet cafe” medianet” Tembalang Semarang City. Journal of Management, 4(4). Dari https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/993/968

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syauki, W. R., & Avina, D. A. A. (2020). Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 42-60. Dari https://www.academia.edu/download/72910261/pdf.pdf

Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu dan Dinas Pendidikan Kota Malang. 2017. Profil Sekolah SMA Negeri 5 Malang. Malang: Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu dan Dinas Pendidikan Kota Malang.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=lOqoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Uno,+H.+B.+(2014).+Teori+Motivasi+dan+Pengukurannya:+Analisis+di+Bidang+Pendidikan.+Bumi+Aksara.&ots=JPnXban5CR&sig=esBt_EXqaS9tujoHq4mV5z9X0KM

Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227-2234. Dari https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/451

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410. Dari https://www.dinastirev.org/JIMT/article/view/957

WULANDARI, A. (2021). PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS LINTAS MINAT PADA MATERI FUNGI DI SMA N 1 SUNGAI RAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pontianak). Dari https://repository.unmuhpnk.ac.id/2146/

Yaqin, A. (2017). Pengembangan buku saku digital berbasis android sebagai pendukung bahan ajar pada materi pph pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1). Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17965

Zulfikar, R., Mayvita, P. A., & Purboyo, P. (2019). Pengaruh Demografis Terhadap Tingkat Preferensi, Kepuasan Dan Persepsi Risiko Masyarakat Pada Produk Hijau Di Sektor Obat Tradisional. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), 168-187. Dari https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/4049




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v8i22024p73-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

 

 

 

 

eISSN 2548-1681