Utilizing Listening Navigation Menu on German Linduo HD for Listening Selective Practice of German Language Level A1
Abstract
Kesulitan dalam belajar bahasa Jerman, khususnya pada keterampilan mendengarkan, dapat ditandai dengan sulitnya siswa membedakan kosa kata. Aplikasi Jerman Linduo HD menyediakan kosakata yang diucapkan langsung oleh penutur asli, dan siswa dapat menggunakannya untuk mempelajari kosakata audio bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi German Linduo HD sebagai media pembelajaran keterampilan listening bahasa Jerman. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan persentase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang, dengan penentuan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan yang dibagikan kepada siswa melalui Google Forms dan penerapan aplikasi German Linduo HD di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi German Linduo HD dapat digunakan untuk melatih keterampilan menyimak selektif bahasa Jerman tema Familie dengan menggunakan menu navigasi listening. Penggunaan aplikasi German Linduo HD dapat membantu siswa dalam menentukan audio yang didengarnya dengan gambar yang sesuai dan mengenali kosa kata. Penyajian materi setiap tema terintegrasi dengan media teks, foto, dan audio. Secara keseluruhan, aplikasi German Linduo HD dapat digunakan oleh siswa untuk mengasah kompetensi mendengarkan selektif kosakata bahasa Jerman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. R., & Wahyuningsih, F. (2022). Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Melalui Media Kahoot Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Gedangan. LATERNE, 11(03), 94–105.
Baliuk, N., Buda, F., Rösler, D., & Würffel, N. (2018). Einführungstext: Hören. Dhoch3-Studienmodule Deutsch als Fremdsprache. https://doi.org/10.31816/Dhoch3.2018.16
Dosi, F., & Budiningsih, C. A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1). http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15068
German for Beginners. (2019). German Linduo HD. https://lin-duo.com/german-linduo/://lin-duo.com
Glaboniat, M., Mueller, M., Rusch, P., Schmitz, H., & Wertenschlag, L. (2005). Profile Deutsch. Langenscheidt KG.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.
Janati, W. R., Rahayu, A., & Wijayanti, D. (2023). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i1.3
Karo-karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kurniawan, A. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X Mia Sma Negeri 1 Sedayu Bantul. Eprints UNY.
Kusumadewi, S., & Julaikah, D. I. (2022). Kesesuaian Materi Laman Podcast Audio Lingua Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas XI. Laterne, 11(02), 1–11.
Maghriza, F., & Pujosusanto, A. (2022). Aplikasi German LinDuo HD Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jerman Keterampilan Menyimak Kelas XI Semester I. E-Journal Laterne, 11(3).
Nadhifa, N. A., & Pujosusanto, A. (2021). Game Belajar Bahasa Jerman Luvlingua Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jerman Keterampilan Menyimak Peserta Didik SMA Kelas XI. Laterne, 10(2), 87–97. https://doi.org/10.26740/lat.v10n2.p87-97
Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2019). Problematika Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4403
Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 45–52.
Putri, D. D., & Wijayati, P. H. (2022). Digitizing Lehrwerkanalyse Materials with the Flip PDF Professional Application. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 3(3), 504–513. https://doi.org/10.47175/rielsj.v3i3.538
Rahayu, W. P., & Ulumiyah, A. (2021). Development of Mobile Learning Media Based on Articulate Storyline 2 to Support Independence Learning of Vocational High School Students in The New Normal Era. Atlantis Press, 192, 206–218.
Salwa, M. (2021). The Use of German Linduo HD Application as Independent Learning Media for Class XI IBB Students of SMA Laboratorium UM. Journal DaFIna - Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(2), 95. https://doi.org/10.17977/um079v5i22021p95-104
Silviani, M. (2015). The Effect of Intensive Listening Through Podcast on Speaking Accuracy of The Third Semester Students of English Education in IAIN Palagka Raya in Academic Year 2015/2016. http://digilib.iain palangkaraya.ac.id/id/eprint/249
Sukma, S., Rahmadini, A., Marlina, N., Suciati, N., Aesin, R., & Purnamasari, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizziz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sebelas April, 1(2).
Susanti, E. (2019). Keterampilan Menyimak (1st ed., Vol. 1). PT RajaGrafindo Persada.
Wilson, A., & Sutrisno, S. (2022). Efektifitas Aplikasi Cake Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 263. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12093
Wulandari, R. R. (2019). Analisis Kemampuan Menyimak Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI di SMK Telkom Bandung. 13(2), 142–148.
Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v8i12024p57-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
eISSN 2548-1681