The Effect of Interactive PowerPoint Media Design on Student Learning Interests

Anggun Apriliani Zahra Rosyiddin, Amir Fiqih, Angga Hadiapurwa, Hafsah Nugraha, Diemas Arya Komara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh desain media PowerPoint interaktif terhadap minat belajar mahasiswa serta bagaimana pengaruh desain media PowerPoint interaktif terhadap minat belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini didasarkan pada frekuensi seringnya penggunaan media PowerPoint dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hipotesis penulis, terdapat pengaruh media PowerPoint interaktif terhadap minat belajar mahasiswa. Pengaruh ini bersifat positif, artinya media PowerPoint interaktif dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarluaskan kepada sasaran yang telah ditentukan. Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat sebanyak 40 responden dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa perbedaan desain media dalam PowerPoint interaktif dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa.

 

Abstract

 

This research was conducted to determine the influence of design in interactive Powerpoint media on student learning interest and how the influence of interactive Powerpoint media on student learning interest. The purpose of this study is based on the frequency of use of Powerpoint media in the learning process. Based on the author's hypothesis, there is an influence of interactive Powerpoint media on students' interest in learning. This influence is positive, meaning that interactive Powerpoint media can increase student interest in learning. The method used in this research is a quantitative method with data collection techniques using online questionnaires that are distributed to predetermined targets. The target of this research is active students from various universities in Indonesia.  There are a total of 40 respondents in this research. The results of this research indicate that the difference in design of interactive PowerPoint media can increase students' learning interest.

 


Keywords


media pembelajaran; powerpoint interaktif; minat belajar; mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja pressindo.

Adawiyah, R. (2019). Peningkatan hasilbelajar pendidikan agama islam mahasiswa melalui kompetensi profesional dosen dan minat belajar mahasiswa. Andragogi: jurnal pendidikan islam, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1

Alamri, H., Lowell, V., Watson, W., & Watson, S. L. (2020). Using personalized learning as an instructional approach to motivate learners in online higher education: Learner self-determination and intrinsic motivation. Journal of Research on Technology in Education, 52(3), 322–352. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1728449

Almendingen, K., Morseth, M. S., Gjølstad, E., Brevik, A., & Tørris, C. (2021). Student’s experiences with online teaching following COVID-19 lockdown: A mixed methods explorative study. PloS one, 16(8), e0250378. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250378

Amalia, I. A. (2016). Power Point sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.376

Anggoro, A. A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Office PowerPoint dalam Model Problem Based Learning Mupel IPS di Kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Arsyad, M. N. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188–198. http://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702

Asari, S. (2021). Paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Journal of Community Service, 3(2008), 1139–1148. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Aysa, Y. (2019). Pengaruh Media Komunikasi Pembelajaran Learning Management System (Lms) Unikom Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Unikom (Studi Survei Mengenai Pengaruh Media Komunikasi Pembelajaran LMS Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Unikom di Kelas IF-3 dan IF-4 2016 pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak II) [PhD Thesis]. Universitas Komputer Indonesia.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Haq, H., Purwantono, P., Irzal, I., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(1), 89–93. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.310

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lukas, B. A., & Yunus, M. M. (2021). ESL Teachers’ Challenges in Implementing E-learning during COVID-19. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(2), 330–348. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.2.18

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. osf.io

Maknunah, D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Bagi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Khaira Ummah, 1(01), 53–60. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-8

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Marpaung, D. N., & Pongkendek, J. J. (2020). Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Interaktif dengan Animasi 3D melalui Powerpoint. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 97. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6401

Megawaty, D. A. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.756

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Misidawati, D. N., Nurdiana, R., Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2021). Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 382–388. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1018

Muhartini, A. A., Sahroni, O., Rahmawati, S. D., Febrianti, T., & Mahuda, I. (2021). Analisis Peramalan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. Jurnal Bayesian: Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.46306/bay.v1i1.2

Munawar, A. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X AK 3 Di SMKN 3 Bandung. FKIP UNPAS.

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 1–8.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2), 145–155. https://doi.org/10.24114/JTIKP.V1I2.1876

Rahmaningsih, A. A. (2017). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik dalam Pandangan Hukum Islam (Studi pada Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Ramadani, R. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh [PhD Thesis]. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rizvi, Y. S., & Nabi, A. (2021). Transformation of learning from real to virtual: An exploratory-descriptive analysis of issues and challenges. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning. https://doi.org/10.1108/JRIT-10-2020-0052

Sileyew, K. J. (2019). Research design and methodology. IntechOpen Rijeka.

Suharti, S., Daryono, D., Abbasiah, A., & Masyitah, D. (2022). Media Interaktif dan Power Point Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 796–803. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3466

Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–192. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Susanti, S. (2021). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) dan Media Powerpoint: Teknik dan Strategi Guru Sebagai Agen Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Banua Oge Tadulako, 1(1), 58-65. Susilana, R., & Riyana, C. (2008).

Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima. https://doi.org/10.22487/jbot.v1i1.1391

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Valentina, K. E., Giri, I. M. A., & Suardipa, I. P. (2022). Pengaruh model pembelajaran sq4r (survey question read reflect recite review) berbantuan media powerpoint interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan IPA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2).

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v8i12023p12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggun Apriliani Zahra Rosyiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats