Implementation of Communication Information Technology in Distance Learning At Islamic Elementary School Insan Rabbani Tembilahan

Nur Azima, Martina Napratilora, Mardiah Mardiah, Dina Liana, Hendro Lisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendidik mengimplementasi teknologi imformasi  komunikasi dalam pengajaran jarak jauh dan factor apa saja yang mempengaruhinya di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Rabbani Tembilahan.penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Responden penelitian berjumlah 3 orang guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Rabbani Tembilahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik perposive. Data ini diperoleh melalui observasi, interview, serta dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknologi imformasi dan komunikasi oleh guru dalam pembelajran jarak jauh  di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Rabbani Tembilahan dikategirikan baik dengan persentase enam puluh persen  dan terletak di interval enam puluh satu persen sampa dengan delapan puluh persen. Factor yang mempengaruhinya ada factor ekternal (lingkungan, dan masyarakat), factor internal (guru, siswa, dan teknologi).

Abstract

 

This research was conducted to find out how educators implement communication information technology in distance teaching and what factors influence it at the Insan Rabbani Tembilahan Integrated Islamic Elementary School. This research s a qualitative study. There were 3 teachers in the Integrated Islamic Elementary School Insan Rabbani Tembilahan as respondents. The sampling technique uses a purposive technique. This data was obtained through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the implementation of information and communication technology by teachers in distance learning at the Integrated Islamic Elementary School Insan Rabbani Tembilahan is categorized as good with a percentage of sixty percent and located in intervals of sixty-one percent to eighty percent. Factors that influence it are external factors (environment and society), and internal factors (teachers, students, and technology).


Keywords


Technology Information and Communication; Teacher; Distance Learning

Full Text:

PDF

References


Abuhammad, S. (2020). Barriers to distance learning during the COVID-19 outbreak: A qualitative review from parents’ perspective. Heliyon, 6(11), e05482. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05482

Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.

Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailia, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Entering 5.0 Era: IST Enhancement for Society Well-Being, 01(01), 1–6.

Anshori, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114%0Ahttp://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5082

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 2018, 113–120.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research: planning, conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (third). Kevin M. Davis.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. CV. Alfabeta.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktek Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap minat baca peserta didik kelas XI di Perpustakaan SMA Teladan WAY Jepara. Universitas Lampung.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Imam, F. N. (2015). Evaluasi Pemanfaatan Tik Pada Pembelajaran Oleh Guru-Guru Smp Negeri 1 Ungaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 [Negeri Malang]. In Universitas Negeri Malang (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8676

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). In Kemendikbud.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. CV. Alfabeta.

Nurhayati, T. (2016). Problematika Guru dalam Menguasai TIK (Teknology Informasi and Komunikasi) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2015/2016 [Islam Negeri Walisongo]. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Prawidilaga, D. S. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana Pramedia.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variable-variable Penelitian. IKAPI.

Sa’ud, U. S. (2015). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Sanusi, D. G. (2019). Hasil Survei Pustekkom 60 Persen Guru Di Indonesia Gagap Teknologi Informasi. https://jejakrekam.com/2019/03/19/hasil-survei-pustekkom-60-persen-guru-di-indonesia-gagap-teknologi-informasi/

Schneider, S. L., & Council, M. L. (2021). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of dermatological research, 313(5), 389-390. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, L., & Amarudin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v8i12023p25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Azima, Martina Napratilora, Mardiah Mardiah, Dina Liana, Hendro Lisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats