Peningkatan Kognitif AUD dalam Mengenal Angka Melalui Media Piring Bergambar

Umi Hanik

Abstract


Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pembelajaran mengenal angka di kelompok A TK Walisongo Sawohan Buduran Sidoarjo masih dalam perkembangan karena terdapat permasalahan yang membuat perkembangan peserta didik dalam mengenal angka terhambat. Salah satu permasalahan tersebut adalah kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media piring bergambar. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kognitif AUD kegiatan mengenal angka peserta didik kelompok A TK Walisongo Sawohan Buduran Sidoarjo melalui media piring bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 3 siklus. Subjek ini adalah peserta didik kelompok A TK Walisongo Sawohan Buduran Sidoarjo yang berjumlah 23 peserta didik yang terdiri dari 12 perempuan dan 11 laki-laki. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media piring bergambar pada pra siklus hanya 17%, siklus I sebanyak 52% dan pada siklus II meningkat menjadi 91% dari jumlah 23 peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan media piring bergambar dapat meningkatkan pengembangan kognitif AUD kegi


Keywords


Angka Piring Bergambar; Kognitif AUD

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2007), “Pedoman Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak-Kanak”. Jakarta Fadilah, Siti, “Laporan PKP UPBJJ UT”. Surabaya: Pokjar S1 PG PAUD Kab. Sidoarjo 2016

https://kbbi.web.id/angka diakses pada tanggal 9 September 2017 pukul 09.31 http://oramaido. blogspot.co.id/2013/09/ptk-tk-peningkatankemampuan-pengenalan.html diakses pada tanggal 9 September 2017 pukul 09.31 J,

Jenice Beaty. (2013), “Observasi Perkembangan Anak Usia Dini”. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Khadijah. (2016), “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini”. Medan: Perdana Publishing Khasanah, Ismatul, dkk. (2011), “Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Penelitian PAUDIA.1 (online) Kholifaturrokhmah, “Laporan PKP UPBJJ UT”. Surabaya: Pokjar S1 PG PAUD Kab. Sidoarjo 2016.1

Kurniasari, Ajeng. (2016), “Pengembangan Permainan

Papan Berbintang pada Pembelajaran Berhitung Anak TK Kelompok A di Kota Malang”. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Negeri Malang Montolalu, dkk. (2009), “Bermain dan Permainan Anak”. Jakarat: Universitas Terbuka

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160164.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. (2014), “Metode Pengembangan Kognitif”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p25-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats