Pembelajaran Jarak Jauh bagi Anak Hambatan Intelektual pada Masa Pandemi Covid-19

Ashi Thariq Jaatshiah

Abstract


Pembelajaran jarak jauh merupakan suatu metode dalam pembelajaran yang terjadi secara terpisah antara pengajar dengan peserta didik sehingga dalam penerapannya membutuhkan media komunikasi sebagai alat untuk menunjang pelaksanaannya. Media daring dinilai cukup efektif untuk diterapkan pada metode pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, karenanya pembelajaran jarak jauh berbasis daring tersebut merupakan sebuah solusi atau alternatif agar proses pendidikan tetap berjalan. Hal ini berdampak pada seluruh jenjang pendidikan, termasuk peserta didik dengan hambatan intelektual yang menempuh pendidikan di sekolah inklusi, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran jarak jauh bagi anak hambatan intelektual di sekolah inklusi. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah inklusi di Jakarta Barat yaitu SMPN 191 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Subjek penelitian yaitu salah satu guru pembimbing khusus di SMPN 191 Jakarta. Adapun proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran jarak jauh bagi anak hambatan intelektual dilakukan secara daring dengan menggunakan media platform whatsapp dan google classroom. Dalam pelaksanaannya orang tua dari anak hambatan intelektual ikut terlibat dalam proses pembelajaran sehingga anak dapat memahami materi yang diberikan guru.

Keywords


Pembelajaran jarak jauh merupakan suatu metode dalam pembelajaran yang terjadi secara terpisah antara pengajar dengan peserta didik sehingga dalam penerapannya membutuhkan media komunikasi sebagai alat untuk menunjang pelaksanaannya. Media daring dinila

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1),

-46.

Apriyanto, N. 2012. Seluk-beluk Tunagrahita &

Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Bilfaqih, Y. & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi

Menyusun Pembelajaran Daring. Yogyakarta:

Deepublish.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Kemis & Rosnawati, A. 2013. Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta:

Luxima.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung :

Alfabeta

Prabawati, A. 2017. Pendidikan Inklusi untuk Anak

– Anak Berkebutuhan Khusus – Diintegrasikan

Belajar di Sekolah Umum. Yogyakarta : Andi

Offset

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Ummah, U. S.

(2018, October). Full Day School Implementation

in Special Junior High School. In 3rd International

Conference on Educational Management and

Administration (CoEMA 2018). Atlantis Press.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,

Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.

Y. (2020, October). Online Learning Resource

Based on One ID Website for All Access (OIAA)

as a Student Learning Assistance System. In 2020

th International Conference on Education and

Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.

Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).

Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.

In 6th International Conference on Education and

Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis

Press.

Wijaya, A. 2013. Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita.

Yogyakarta: Kyta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p29-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats