Analisis Pelaksanaan Program Intervensi Dini Anak dengan Hambatan Pendengaran di PAUD Inklusi Jember

Inna Hamida Zusfindhana

Abstract


Anak dengan hambatan pendengaran mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi, dampak langsung selain dalam bahasa juga berpengaruh terhadap pendidikan. Hambatan tersebut membutuhkan suatu layanan untuk memaksimalkan kemampuan anak melalui intervensi dini. Program intervensi merupakan salah satu program yang telah diterapkan di PAUD inklusi Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program intervensi dini anak dengan hambatan pendengaran di PAUD inklusi Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan program intervensi dini anak dengan hambatan pendengaran di PAUD Inklusi Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PAUD A intervensi dono sudah terlaksana sesuai dengan prosedur seperti identifikasi dini, asesmen, intervensi dini dan evaluasi serta terlihat dari adanya tenaga ahli seperti dokter dan psikolog sedangkan di PAUD B sudah terlaksana dengan cukup baik dan sesuai dengan prosedur seperti identifikasi dini, asesmen, intervensi dini dan evaluasi tetapi belum ada tenaga ahli yang mendampingi.


Keywords


Intervensi Dini; Anak dengan Hambatan Pendengaran; Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. (2008). Educational Research: Planning,

Conducting, and Evaluating Quantitative and

Qualitative Research. Boston: Pearson

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Fallen, N.H., dan Umansky, W. (1985) Young Children

With Special Needs. Colombus-Ohio: Charles E

Merril Publishing Company.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan

Khusus Pendekatan Psikoedukasional. Padang:

Universitas Negeri Padang.

Matthew B. Miles, A Michael Huberman. (2007).

Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang

Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mclooughlin, J.A. dan lewis, R.B. (1986). Assesing

Special Students. Ohio: Merril Publishing

Company.

Moores (2001). Child Development, Allyn & Bacon,

USA: Permission Departemen

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., & Purnamawati,

F. (2020). Admission System for New Students:

Study of Multi Sites in Special School. 2nd Early

Childhood and Primary Childhood Education

(ECPE 2020), 335-338.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,

Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.

(2020, December). The Role of The Resource

Center in the Implementation of Inclusion

Education in Basic, Medium, and Higher

Education Institutions: A Grounded Theory

Approach. In 1st International Conference on

Information Technology and Education (ICITE

(pp. 490-496). Atlantis Press.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Soetjiningsih. (2007). Tumbuh Kembang Anak.

Surabaya: Penerbit Buku Kedokteran.

Santrock, John. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid I.

Jakarta: PT. Erlangga.

Trenggoniwati, Dyah Lintang & Kulsum. (2018).

Analisis Faktor Optimalisasi Usia Golden Age

Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon.

Jurnal Industrial Servicess, IV (1). 48-56.

Retrived from http://jurnal.untirta.ac.id/index.

php/jiss/article/view/4088.

Wardani dkk. (2017). Pengantar Anak Berkebutuhan

Khusus. Tangerang: Universitas Terb




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p34-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats