Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini

Muchamad Irvan

Abstract


Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang tumbuh dan berkembang dengan berbagai perbedaan dengan anak-anak pada umumnya. Istilah anak berkebutuhan khusus tidak merujuk pada sebutan untuk anak dengan kecacatan, namun merujuk pada layanan khusus yang diperlukan anak berkebutuhan khusus. Terdapat berbagai jenis kategori dalam lingkup istilah anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks pendidikan khusus di Indonesia anak berkebutuhan khusus di kategorikan dengan istilah anak tunanetra, anak tunarungu, anak tunagrahita, anak tunadaksa, anak tunalaras, dan anak cerdas dan bakat istimewa. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Lebih daripada itu, setiap anak berkebutuhan khusus juga memerlukan layanan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik mereka. Perlu dilaksanakan kegiatan identifikasi dan asesmen untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan mereka. Hal tersebut dianggap penting guna mendapatkan layanan yang tepat sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan kemampuan.

 

Children with special needs (ABK) are children who grow and develop with various differences from children in general. The term children with special needs does not refer to children with disabilities, but instead refers to special services needed by children with special needs. There are various types of categories within the scope of the term children with special needs. In the context of special education in Indonesia, children with special needs are categorized by the terms blind children, deaf children, mentally retarded children, disabled children, children with disabilities, and intelligent children and special talents. Every child with special needs has different characteristics from one another. More than that, every child with special needs also requires special services that are tailored to their abilities and characteristics. It is necessary to carry out identification and assessment activities to determine their characteristics and needs. This is considered important in order to get the right service according to the characteristics, needs and capabilities.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus; Identifikasi; Assesmen

Full Text:

PDF

References


Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Gargiulo, Richard M. 2012. Special Education

in Contemporary Society: An Introduction

Exceptionality. Betty Nelson. USA: Sage

Publication Maternal Reflection Metod. Swetz &

Zeitlinger. Amsterdam & Lisse. Holland

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December).

Development of Adaptive Sports Models in

Improving Motor Ability and Embedding Cultural

Values in Children with Special Needs. In the

th International Conference on Education and

Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Rahardja, Djaja & Sujarwanto. 2010. Pengantar

Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: UNESA

Rejeki, D.S. & Hermawan. 2010. Pendidikan Inklusi

dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Anak

Berkebutuhan Khusus Terhadap Keberhasilan

Sosialisasi. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan,

Vol. 16, Edisi Khusus II.

Soemantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa.

Bandung: Reflika Aditama

Winarsih, Murni. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak

TunarunguDalam Pemerolehan Bahasa.

DEPDIKNAS.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p108-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats