Model Pembelajaran Daring dalam Mata Kuliah Braille untuk Mahasiswa Tunarungu

Rosika Novia Megaswarie

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemic Covid-19 yang menjadikan tidak adanya pertemuan dalam perkuliahan secara tatap muka di kelas seperti sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penerapan model pembelajaran daring dalam mata kuliah Braille untuk mahasiswa tunarungu di IKIP PGRI Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan pemberian tugas untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan observasi dan pemberian tugas pada mahasiswa tunarungu, pemahaman tentang penulisan dengan menggunakan huruf Braille masih belum optimal; 2) Mahasiswa tunarungu masih sering terbalik dalam membedakan braille baca dan braille tulis, sehingga memerlukan pembelajaran disertai praktik secara langsung; 3) adanya pembelajaran daring dengan menggunakan video konferensi yang tersedia, mempermudah mahasiswa tunarungu dalam menerima materi perkuliahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa metode pembelajaran daring yang ditunjang dengan praktik langsung, mempermudah mahasiswa tunarungu dalam mengikuti pembelajaran pada mata kuliah braille

Keywords


Model Pembelajaran Daring; Braille; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Alfarizi, Rivo, dkk. (2020). Analisis Kemenarikan

Media Pembelajaran PHET Berbasis Virtual LAB

pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan

Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa.

Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28.

Retrieved from https://vektor.iain-jember.ac.id/

index.php/vtr/article/view/6/8.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metode

Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak

Publisher.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Milles, M.B. & Huberman, A.M. (2009). Qualitatif

Data Analysis: A Sourcebook of New Methods.

California: Sage Publications.

Milles, Mattew B., & A. Michael Huberman. (2007).

Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang

Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Muhtar, Tatang&Lengkana, A.S. (2019). Pendidikan

Jasmani dan Olahraga Adaptif. Sumedang: UPI

Sumedang Press.

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran

Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan:

CV. Sarnu Untung.

Pradana, Dian, dkk. (2020). Pengembangan Video

Animasi Pembelajaran Sub Tema Pembentukan

Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP

(Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(2),

-105,. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/

index.php/jinotep/article/view/9130.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Dewantoro, D. A.

(2018, September). Social Environment of Special

Needs in Inclusive Primary School: A Descriptive

Research with Phenomenology Approach. In 1st

International Conference on Early Childhood and

Primary Education (ECPE 2018) (pp. 181-184).

Atlantis Press.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Solichah, Imroatus. (2014). Alat Peraga untuk Pelajar

Tunarungu. Penerbit Media Guru.

Tarsidi, Didi. (2010). Modul Pembelajaran Braille.

Bandung: UPI Press.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini bagi Anak

Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta:

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p39-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats