Pengembangan Bahan Ajar Audio dalam Pembelajaran Daring untuk Mahasiswa Tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana
Abstract
Selama pandemic Covid 19 pembelajaran di perguruan tinggi dilakukan secara daring yang di dalamnya termasuk terdapat mahasiswa tunanetra. Selama pelaksanaanya tunanetra kesulitan dalam mengakses bahan ajar teks yang disediakan sehingga kesulitan dalam memahami materi kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar audio untuk mahasiswa tunanetra agar tunanetra dapat belajar secara mandiri selama belajar daring. Penelitian ini menggunakan peenelitian pengembangan (R & D) dengan langkah-langkah yaitu (1) pencarian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, dan (3) pengembangan produk awal. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perangkat bahan ajar audio untuk tunanetra yang terdiri dari (1) Flip book, dan (2) PPt dengan suara. Dengan adanya bahan ajar audio ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara daring dengan lebih optimal.
During the Covid 19 pandemic, learning in university was conducted online which included visual impairment students. During its implementation, they have difficulty accessing the provided text teaching materials so that it is difficult to understand the course material. This study aims to develop audio teaching materials for students with visual impairments so that they can learn independently while studying online. This research used development research (R & D) with steps, namely (1) (1) searching and collecting data, (2) planning, and (3) developing the initial product. The product produced from this research is an audio teaching material for student with visual impairment consisting of (1) flip book, and (2) PPt with voice. With this audio teaching material, it is hoped that they can learn online more optimally.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwas. (2014). Audiobok: Media Pembelajaran
Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik, 18(April
No 1).
Badiah, L. I. (2016). Keefektifan Pembelajaran IPA
Dengan Menggunakan Modul Audio Interaktif
Mengenal Bagian Akar Dan Fungsinya Untuk
Siswa Tunanetra Kelas IV Di SLB YPAB
Surabaya. Helper: Jurnal Bimbingan Konseling.
Camalia. (2016). Pengembangan Audiobook
Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran Dan
Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP.
Universitas Negeri Semarang.
Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain
Sistem Pembelajaran Blended. In Direktorat
Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kemristekdikti.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita.
Dariyati, I. G. A., Marhaeni, A. A. I. ., & Widiartini,
N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Praktik
Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan
Motorik dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.
E-Journal Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha.
Delani, R. (2017). Efektivitas penggunaan media audio
“solusi pintar jelas dan mudah” (splash) terhadap
hasil belajar pada siswa tunanetra di MTSLB
yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi
Pendidikan, VI(2).
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Fusco, G., Tekin, E., Giudice, N. A., & Coughlan, J.
M. (2015). Appliance displays: Accessibility
challenges and proposed solutions.
ASSETS 2015 - Proceedings of the 17th
International ACM SIGACCESS Conference
on Computers and Accessibility. https://doi.
org/10.1145/2700648.2811392
Khaerunnisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media
Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun
Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History
Education, 6(1).
Mustakim. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia
Interaktif Flash Flipbook Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan.
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar
Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat SMP di
Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Priambodo. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis
tunanetra melalui penggunaan CBM. UM.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.
B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R.
S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi
COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online
di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of
Education, Psychology and Counseling.
Rahayu, A. (2012). Pengaruh media pembelajaran
dengan power point terhadap pencapaian
kompetensi pembuatan pola kemeja pria di smk
negeri 1 pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sadiman, A. S. (2010). Arief S. Sadiman, dkk, Media
Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan
pemanfaatannya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).
h.6. Arief S. Sadiman.
Shilkrot, R., Maes, P., Huber, J., Nanayakkara,
S. C., & Liu, C. K. (2014). FingerReader:
A wearable device to support text reading
on the go. Conference on Human Factors in
Computing Systems - Proceedings. https://doi.
org/10.1145/2559206.2581220
Ulandari. (2020). Pengaruh flash flipbook terhadap
hasil belajar siswa di smp negeri 11 pontianak.
Untan Pontianak.
Yi, C., Tian, Y., & Arditi, A. (2014). Portable camerabased assistive text and product label reading
from hand-held objects for blind persons. IEEE/
ASME Transactions on Mechatronics. https://doi.
org/10.1109/TMECH.2013.2261083
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p120-124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats