Pengembangan Bahan Ajar Audio dalam Pembelajaran Daring untuk Mahasiswa Tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana

Ana Rafikayati, Sambira Sambira, Muhammad Muhyi

Abstract


Selama pandemic Covid 19 pembelajaran di perguruan tinggi dilakukan secara daring yang di dalamnya termasuk terdapat mahasiswa tunanetra. Selama pelaksanaanya tunanetra kesulitan dalam mengakses bahan ajar teks yang disediakan sehingga kesulitan dalam memahami materi kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar audio untuk mahasiswa tunanetra agar tunanetra dapat belajar secara mandiri selama belajar daring. Penelitian ini menggunakan peenelitian pengembangan (R & D) dengan langkah-langkah yaitu (1) pencarian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, dan (3) pengembangan produk awal. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perangkat bahan ajar audio untuk tunanetra yang terdiri dari (1) Flip book, dan (2) PPt dengan suara. Dengan adanya bahan ajar audio ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara daring dengan lebih optimal.

 

During the Covid 19 pandemic, learning in university was conducted online which included visual impairment students. During its implementation, they have difficulty accessing the provided text teaching materials so that it is difficult to understand the course material. This study aims to develop audio teaching materials for students with visual impairments so that they can learn independently while studying online. This research used development research (R & D) with steps, namely (1) (1) searching and collecting data, (2) planning, and (3) developing the initial product. The product produced from this research is an audio teaching material for student with visual impairment consisting of (1) flip book, and (2) PPt with voice. With this audio teaching material, it is hoped that they can learn online more optimally.


Keywords


Bahan Ajar Audio; Tunanetra; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Anwas. (2014). Audiobok: Media Pembelajaran

Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik, 18(April

No 1).

Badiah, L. I. (2016). Keefektifan Pembelajaran IPA

Dengan Menggunakan Modul Audio Interaktif

Mengenal Bagian Akar Dan Fungsinya Untuk

Siswa Tunanetra Kelas IV Di SLB YPAB

Surabaya. Helper: Jurnal Bimbingan Konseling.

Camalia. (2016). Pengembangan Audiobook

Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran Dan

Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP.

Universitas Negeri Semarang.

Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain

Sistem Pembelajaran Blended. In Direktorat

Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Kemristekdikti.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita.

Dariyati, I. G. A., Marhaeni, A. A. I. ., & Widiartini,

N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Praktik

Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan

Motorik dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.

E-Journal Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha.

Delani, R. (2017). Efektivitas penggunaan media audio

“solusi pintar jelas dan mudah” (splash) terhadap

hasil belajar pada siswa tunanetra di MTSLB

yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi

Pendidikan, VI(2).

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Fusco, G., Tekin, E., Giudice, N. A., & Coughlan, J.

M. (2015). Appliance displays: Accessibility

challenges and proposed solutions.

ASSETS 2015 - Proceedings of the 17th

International ACM SIGACCESS Conference

on Computers and Accessibility. https://doi.

org/10.1145/2700648.2811392

Khaerunnisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media

Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah

Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun

Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History

Education, 6(1).

Mustakim. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia

Interaktif Flash Flipbook Terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan.

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar

Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat SMP di

Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Priambodo. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis

tunanetra melalui penggunaan CBM. UM.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.

B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R.

S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi

COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online

di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of

Education, Psychology and Counseling.

Rahayu, A. (2012). Pengaruh media pembelajaran

dengan power point terhadap pencapaian

kompetensi pembuatan pola kemeja pria di smk

negeri 1 pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, A. S. (2010). Arief S. Sadiman, dkk, Media

Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan

pemanfaatannya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).

h.6. Arief S. Sadiman.

Shilkrot, R., Maes, P., Huber, J., Nanayakkara,

S. C., & Liu, C. K. (2014). FingerReader:

A wearable device to support text reading

on the go. Conference on Human Factors in

Computing Systems - Proceedings. https://doi.

org/10.1145/2559206.2581220

Ulandari. (2020). Pengaruh flash flipbook terhadap

hasil belajar siswa di smp negeri 11 pontianak.

Untan Pontianak.

Yi, C., Tian, Y., & Arditi, A. (2014). Portable camerabased assistive text and product label reading

from hand-held objects for blind persons. IEEE/

ASME Transactions on Mechatronics. https://doi.

org/10.1109/TMECH.2013.2261083




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p120-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats