Metode Pembelajaran Berbasis Outbond Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Orientasi Mobilitas

Lailil Aflahkul Yaum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Outbond Terhadap Hasil Belajar Mata kuliah Orientasi Mobilitas Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa FIP IKIP PGRI JEMBER. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk desain penelitian pra eksperimental yakni tidak ada pengontrolan variabel. Eksperimen ini menggunakan perlakuan dengan dua pengukuran yaitu awalnya di lakukan pengukuran pretest sebelum di berikan perlakuan atau treatment, kemudian dilakukan pengukuran kedua atau posttest setelah mendapatkan perlakuan atau penggunaan metode pembelajaran berbasis outbond. Eksperimen ini di sebut pretest and posttest one gruop design. Dari hasil pengukuran didapat bahwasannya hasil perhitungan nilai Z (2,6) lebih besar dari pada nilai Z0,05 (1,64) maka kesimpulan dari hasil dari perhitungan adalah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Outbond Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Orientasi Mobilitas Pada Mahasiswa PLB FIP IKIP PGRI JEMBER

Keywords


Outbound; Hasil Belajar; Orientasi Mobilitas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Suatu Penelitian Suatu

Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Djarwanto. (2004). Pokok-Pokok Analisis Laporan

Keuangan, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra. Jakarta:

Depdiknas Dirjen Dikti

Hidayat dan Suwandi. (2013). Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta Timur:

PT. Luxima Metro Indah.

Juang S. (2005). Mengembangkan potensi Anak

bekelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen

Pendidikan Kebudayaan, Direktorat Jendral

Pendidikan tinggi

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media

Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 109-113.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December).

Development of Adaptive Sports Models in

Improving Motor Ability and Embedding Cultural

Values in Children with Special Needs. In the

th International Conference on Education and

Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Putranto, B. (2015). .Tips Menangani Siswa yang

Membutuhkan Perhatian Khusus.Yogyakarta:

Diva Press

Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p49-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats