Pengembangan Media Finger Coloring untuk Anak Down Syndrome dalam Melatih Keterampilan Mewarnai
Abstract
Media finger coloring adalah media untuk mewarnai yang dilakukan dengan menggunakan jari. Pada penelitian ini media hanya digunakan untuk anak down syndrome usia 5 – 10 tahun. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode need to do. Model penelitian dan pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Hasil dari penelitian dan pengembangan media finger coloring yang telah dilakukan mendapatkan hasil kevalidan 97,50% dari Ahli Media dan 68% dari Ahli Pendidikan Seni dengan rata-rata kevalidan 82%. Pada kepraktisan dan kefektifan uji coba siswa kelas 1 mendapatkan hasil 82% dan kelas 3 mendapatkan 90% dengan rata-rata 86%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa media finger coloring valid dan boleh digunakan untuk melatih kemampuan mewarnai anak down. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah penambahan gambar pada buku mewarnai, mengembangkan media untuk usia 11 – 17 tahun, mengalokasikan waktu agar kualitas, kuantitas, dan waktu belajar dapat seimbang dan selaras, serta perbaikan luas dan ketebalan kertas.
Keywords
References
Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Irdawati,
I., & Muhlisin, A. 2017. Sindrom Down
pada anak ditinjau dari segi biomedik dan
penatalaksanaannya. Berita Ilmu Keperawatan,
(1), 47-50.
Aisyah. 2017. Permainan Warna Berpengaruh
Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal
Obsesi. 2017;1(2):38-43
Dewi, A. K., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2020). Media
Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan
Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 13-19.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and
Realted Communicationhandicapped Children
(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak
Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
(2), 57-61.
Gunarhadi. 2005. Penanganan Anak Sindroma Down
dalam Lingkungan. Keluarga dan Sekolah.
Jakarta : Depdikbud.
Hayes, A., & Batshaw, M. L. 1993. Down syndrome.
America: Pediatric Clinics of North America,
(3), 523-535
Muhammad, A. A. 2009. Pedoman Praktis
Menggambar dan Mewarnai Untuk Anak.
Yogyakarta: Power Book.
Napoli, P. J. 1946. Finger-painting and personality
diagnosis. Genetic Psychology Monographs. 34,
-230.
Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).
Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.
In 6th International Conference on Education and
Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis
Press.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),
-164.
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and fine motoric ability of intellectual disabiliy
students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Rahmah, H. N., Widodo, A., & Kurniawan, A. 2014.
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya
Down Syndrome. Doctoral dissertation:
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Risanti, N. M. N. 2013. Penerapan Metode
Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkrit
Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk
Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1)
Sari, Y., Haenilah, E. Y., & Sabdaningtyas, L. 2015.
Penggunaan Media Pembelajaran Untuk
Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus
Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3).
Selikowitz, M. 2001. Mengenal Sindroma Down.
Jakarta : Arcan.
Silalahi, O., Susanto, A., & Kom, M. 2018. Rancang
Bangun Sistem Navigasi Mengetahui Lokasi
Sekolah Luar Biasa Di Kota Semarang
Menggunakan Metode Kalibrasi Radar.
Jurnal_16358 (online), (http://eprints.dinus.
ac.id/17051/1/jurnal_1 6358.pdf), diakses 31
Maret 2020.
Taiyeb, H. 2016. Kemampuan motorik halus melalui
teknik finger painting anak down syndrome.
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling:
Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan
Bimbingan Konseling, 2(2), 93-106.
Winarti, W. 2019. PENERAPAN FINGER PAINTING
ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH
BUSTANUL ATHFAL 06 SURABAYA.
Surabaya: Doctoral dissertation Universitas
Muhammadiyah Surabaya, (online),
Yuliani, N., & Hasibuan, R. 2014. Meningkatkan
Kemampuan Motorik Halus pada Anak melalui
Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Media
Cat Air di Kelompok Bermain Ceria. PAUD
Teratai, 3(3) (online), (https://jurnalmahasiswa.
une sa.ac.id/index.php/paudteratai/article/
view/8437/3906), diakses 19 Juli 2020.
Yunani, Y., Bustami, A., & Febrianti, C. A. 2016.
Faktor Kelainan Kongenital pada Bayi Baru
Lahir di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Abdul.
Jurnal Dunia Kesmas, 5(2)
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p6-11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats