Kepuasan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus terhadap E-Learning Simari Selama Covid–19 Di Universitas Lambung Mangkurat

Utomo Utomo, Dewi Ekasari Kusumastuti, Misliyani Misliyani

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran online melalui E-learning Simari bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Lambung Mangkurat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus Universitas Lambung Mangkurat terhadap penyajian dosen, materi ajar, konten E-Learning Simari dan peran orang tua saat belajar melalui E-Learning Simari pada masa pandemi Covid-19, serta untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus Universitas Lambung Mangkurat saat belajar melalui E-Learning Simari pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner tertutup dengan skala likert dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji klasik, koefisien determinan, regresi, uji parsial (uji t), uji simultan (uji statistik F). Informan dalam penelitian ini adalah 24 orang mahasiswa berkebutuhan khusus dengan pendampingan volunteer. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap E-learning simari adalah 9 orang (37,50%) mahasiswa berkebutuhan khusus yang merasa sangat puas, 7 orang mahasiswa (29,17%) merasa puas, 6 orang mahasiswa (25%) merasa sedang-sedang saja, dan sisanya merasa tidak puas dan sangat tidak puas masing-masing 1 orang mahasiswa (4,17%). Besarnya tingkat kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap e-learning simari didasarkan pada 2 variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa yaitu variabel penyajian dosen dan konten E-learning. Sementara variabel materi ajar dan peran orangtua tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap E-learning simari. Besarnya pengaruh variabel X (penyajian dosen, konten e-learning, materi ajar dan peran orangtua) terhadap variabel Y (kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus) sebesar 82,70%.


Keywords


Kepuasan; Mahasiswa Berkebutuhan Khusus; E-Learning Simari

Full Text:

PDF

References


Alfan, Zahirul; Endang Siti Astuti dan Riyadi. 2014. Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System (Studi Pada Mahasiswa S1 Program Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Angkatan 2012). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14 (2), 1-10.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyati, Nika dan Rita Kusumah. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4 (1), 152-159.

Febrilia, dkk. 2020. Analisis Keterlibatan dan Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (2), 175-184.

Hakim, Mujibul dan Aria Mulyapradana, 2020. Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4 (2), 154-160.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Napitupulu, Rodame Monitorir. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7 (1), 23-33.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pemerintah Indonesia. 1945. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945. Lembaran Negara RI Tahun 1945. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. 2019. Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.

Ujulawa, Matilda. 2017. Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 16 (1), 61-69.

Utomo; Dewi Ekasari Kusumastuti; dan Misliyani. 2021. Utilization of E-Learning Based on Learning Management System (LMS) for College Students with Special Needs During Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 8 (1), 7-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p50-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats