Pengembangan Buku Saku Bahasa Inggris Braille “Part Of Body And Internal Organs” untuk Siswa Tunanetra
Abstract
Buku saku bahasa Inggris braille dapat memudahkan akses belajar bagi siswa tunanetra dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena ukuran yang kecil, praktis, dan ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana. Begitupun dalam mencari kosakata yang sulit akan segera ditemukan, karena kosakata pada buku saku tersusun secara alfabetis. Faktanya, buku bahasa Inggris untuk siswa tunanetra masih sangat terbatas, sehingga siswa tunanetra mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku bahasa Inggris braille “Part of Body and Internal Organs”. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D Model (4D) yaitu define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif Statistik deskriptif. Subjek penelitian ini melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang guru dan 2 siswa tunanetra kelas IV (empat) SLB Negeri Bogor sebagai subjek uji coba. Harapan peneliti dari hasil penelitian ini, dapat mengembangkan buku saku bahasa Inggris braille “Part of Body and Internal Organs”, sehingga dapat memudahkan akses belajar bagi siswa dan dapat membantu siswa tunanetra dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhitya G. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca
Permulaan Huruf Braille Melalui Metode
Scramble Pada Siswa Tunanetra .Kelas 1 SLB
A YPTN Mataram. Skripsi, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
https://eprints.uny.ac.id/47656/1/Gigih%20
Adhitya_12103241057.pdf
Anwar, Yaskinul dan Iya’ Setyasih. 2021. Pembelajaran
Selama Pendemi Covid-19 Di Kalimantan Timur.
Media Nusa Creative : Malang.
Aprilia, S. (2015). Studi Pembelajaran Mengenal
Anggota Tubuh dan Fungsinya melalui Lagu
Anak-Anak pada Anak Tunagrahita Sedang.
Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://
repository.upi.edu/19839/
Boedy. 2020. Pengenalan Huruf Bahasa Inggris dengan
Menggunakan Media Genius Alphabet Cards
pada Siswa Sekolah Dasar.
Fadly A, dkk. 2020. Kamus Pelajar sebagai Media
Pembelajaran Pemerkaya Kosakata Bahasa
Inggris. Seminar Nasional Penelitian LPPM UNJ:
-6. Jakarta, 7 Oktober 2020. https://jurnal.umj.
ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7899/4702
Fallensky, Maryam Sarah, Arif Yudianto, dan
Dadan Rahma. (2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia
Flash Materi Kewargaan Digital Di SMK Pasim
Plus Sukabumi. Jurnal Utile. Volume 7 (1), 42-
Galingging, Rumbel. (2020). Analisis Desain Cover
Buku Anak Ayo Sekolah “Lukisan Aini”. Jurnal
Magenta, STMK Trisakti. Volume 5 (1),
-593. http://magenta.trisaktimultimedia.
ac.id/magenta/index.php/magenta/article/
view/71/53
Hasmah, dkk. (2014). Desain Pocket Dictionary
sebagai Media Pembelajaran bagi Penderita
Disleksianetra untuk Meningkatkan Kemampuan
Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Lanjutan
Tingkat Pertama Luar Biasa (SLTPLB). Jurnal
PENA. Volume 1 (2), 130-138. https://journal.
unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/99/
Irdamurni, dkk. (2017) Bahasa Inggris Anak Tunanetra
Berbasis Permainan Scrabbel Braille. Jurnal
Pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 1 (1).
http://repository.unp.ac.id/26715/1/JPKK%20
irdamurni.pdf
Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak
Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa.
Volume 6 (1),33-40.
Kumala R, dkk. (2020). Pendampingan Belajar
Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran
Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang
Pendidikan. Volume 1 (1), 44-47. https://ejournal.
unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/
view/1065/514
Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya Pembelajaran
Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta. https://
media.neliti.com/media/publications/290612-
pentingnya-pembelajaran-bahasa-inggris-dd7c4cafd.pdf
Melyanti S. (2019). Pengembangan media
pembelajaran buku saku berbasis mind mapping
untuk pembelajaran ekonomi kelas XI. http://
eprints.unm.ac.id/14361/1/Jurnal%20Sri%20
Melyanti.pdf http://prosiding.unirow.ac.id/index.
php/SNasPPM/article/view/446/435
Nahlisa, Rizka Meutia, dkk. (2015). Buku Braile
sebagai Jembatan Keterbatasan Akses Informasi
Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa Bagian A
Dria Adi Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan.
Volume 4 (2). https://media.neliti.com/media/
publications/102191-ID-buku-braile-sebagaijembatan-keterbatasa.pdf
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif
Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra
Books : Solo. http://digilibfkip.univetbantara.
ac.id/materi/Buku.pdf
Rahardja, D. (2008). Ketunanetraan. http://
file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._
LUAR_BIASA/195904141985031-DJADJA_
RAHARDJA/KETUNANETRAAN.pdf , diakses 21
Februari 2022)
Rahmawati, R. 2007. Pengenalan Tulisan Braille untuk
Siswa Reguler. Makalah dalam Pengabdian
Masyarakat di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta.
Yogyakarta, 11 Mei 2007: Universitas
Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/
upload/132318124/pengabdian/makalah-ppm-sdbudi-mulia.pdf
Rudiyati, Sari. 2010. Pembelajaran Membaca
dan Menulis Braille Permulaan pada Anak
Tunanetra. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak
Berkebutuhan Khusus. Volume 10 (1), 57-65. .
file:///C:/Users/PPKS102/Downloads/3909-7424-
-SM%20(1).pdf
Setiyaningrum. (2020). Pengembangan Buku Saku
Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP
SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan
Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 8(2)
file:///C:/Users/PPKS102/Downloads/8302-
Article%20Text-27589-1-10-20200629.pdf
Suseno, Adi. 2016. Keefektifan Media Dua Dimensi
Papan Magnetik terhadap Penguasaan Kosakata
dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk
Siswa Tunanetra Kelas di SDLB A Yaketunis
Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Yogyakarta. https://123dok.
com/document/y8gdem0z-keefektifan-magnetikpenguasaan-kosakata-pembelajaran-tunanetrayaketunis-yogyakarta.html
Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran
Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa.
Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. Volume
(1), 127-145. http://ejournal.uin-suska.ac.id/
index.php/Kutubkhanah/article/view/813/77
Wibowo, Andry Tri. (2014). Pengaruh Penggunaan
Metode Total Physical Response (TPR) terhadap
Kualitas Berbahasa Inggris Anak Tunanetra di
SMPLB-A YPAB Gebang Surabaya. Jurnal
Pendidikan Khusus. Halaman 1-8
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p84-91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats