Pengembangan Buku Saku Bahasa Inggris Braille “Part Of Body And Internal Organs” untuk Siswa Tunanetra

Wianda Difitria Rossiani, Vioni Aghna Pramesti, Zulvita Ichsania Dewi, Rendy Roos Handoyo

Abstract


Buku saku bahasa Inggris braille dapat memudahkan akses belajar bagi siswa tunanetra dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena ukuran yang kecil, praktis, dan ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana. Begitupun dalam mencari kosakata yang sulit akan segera ditemukan, karena kosakata pada buku saku tersusun secara alfabetis. Faktanya, buku bahasa Inggris untuk siswa tunanetra masih sangat terbatas, sehingga siswa tunanetra mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku bahasa Inggris braille “Part of Body and Internal Organs”. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D Model (4D) yaitu define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif Statistik deskriptif. Subjek penelitian ini melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang guru dan 2 siswa tunanetra kelas IV (empat) SLB Negeri Bogor sebagai subjek uji coba. Harapan peneliti dari hasil penelitian ini, dapat mengembangkan buku saku bahasa Inggris braille “Part of Body and Internal Organs”, sehingga dapat memudahkan akses belajar bagi siswa dan dapat membantu siswa tunanetra dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.


Keywords


Buku saku; Braille; Tunanetra

Full Text:

PDF

References


Adhitya G. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca

Permulaan Huruf Braille Melalui Metode

Scramble Pada Siswa Tunanetra .Kelas 1 SLB

A YPTN Mataram. Skripsi, Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

https://eprints.uny.ac.id/47656/1/Gigih%20

Adhitya_12103241057.pdf

Anwar, Yaskinul dan Iya’ Setyasih. 2021. Pembelajaran

Selama Pendemi Covid-19 Di Kalimantan Timur.

Media Nusa Creative : Malang.

Aprilia, S. (2015). Studi Pembelajaran Mengenal

Anggota Tubuh dan Fungsinya melalui Lagu

Anak-Anak pada Anak Tunagrahita Sedang.

Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://

repository.upi.edu/19839/

Boedy. 2020. Pengenalan Huruf Bahasa Inggris dengan

Menggunakan Media Genius Alphabet Cards

pada Siswa Sekolah Dasar.

Fadly A, dkk. 2020. Kamus Pelajar sebagai Media

Pembelajaran Pemerkaya Kosakata Bahasa

Inggris. Seminar Nasional Penelitian LPPM UNJ:

-6. Jakarta, 7 Oktober 2020. https://jurnal.umj.

ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7899/4702

Fallensky, Maryam Sarah, Arif Yudianto, dan

Dadan Rahma. (2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia

Flash Materi Kewargaan Digital Di SMK Pasim

Plus Sukabumi. Jurnal Utile. Volume 7 (1), 42-

Galingging, Rumbel. (2020). Analisis Desain Cover

Buku Anak Ayo Sekolah “Lukisan Aini”. Jurnal

Magenta, STMK Trisakti. Volume 5 (1),

-593. http://magenta.trisaktimultimedia.

ac.id/magenta/index.php/magenta/article/

view/71/53

Hasmah, dkk. (2014). Desain Pocket Dictionary

sebagai Media Pembelajaran bagi Penderita

Disleksianetra untuk Meningkatkan Kemampuan

Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Lanjutan

Tingkat Pertama Luar Biasa (SLTPLB). Jurnal

PENA. Volume 1 (2), 130-138. https://journal.

unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/99/

pdf

Irdamurni, dkk. (2017) Bahasa Inggris Anak Tunanetra

Berbasis Permainan Scrabbel Braille. Jurnal

Pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 1 (1).

http://repository.unp.ac.id/26715/1/JPKK%20

irdamurni.pdf

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak

Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Volume 6 (1),33-40.

Kumala R, dkk. (2020). Pendampingan Belajar

Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran

Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang

Pendidikan. Volume 1 (1), 44-47. https://ejournal.

unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/

view/1065/514

Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya Pembelajaran

Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta. https://

media.neliti.com/media/publications/290612-

pentingnya-pembelajaran-bahasa-inggris-dd7c4cafd.pdf

Melyanti S. (2019). Pengembangan media

pembelajaran buku saku berbasis mind mapping

untuk pembelajaran ekonomi kelas XI. http://

eprints.unm.ac.id/14361/1/Jurnal%20Sri%20

Melyanti.pdf http://prosiding.unirow.ac.id/index.

php/SNasPPM/article/view/446/435

Nahlisa, Rizka Meutia, dkk. (2015). Buku Braile

sebagai Jembatan Keterbatasan Akses Informasi

Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa Bagian A

Dria Adi Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Volume 4 (2). https://media.neliti.com/media/

publications/102191-ID-buku-braile-sebagaijembatan-keterbatasa.pdf

Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif

Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra

Books : Solo. http://digilibfkip.univetbantara.

ac.id/materi/Buku.pdf

Rahardja, D. (2008). Ketunanetraan. http://

file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._

LUAR_BIASA/195904141985031-DJADJA_

RAHARDJA/KETUNANETRAAN.pdf , diakses 21

Februari 2022)

Rahmawati, R. 2007. Pengenalan Tulisan Braille untuk

Siswa Reguler. Makalah dalam Pengabdian

Masyarakat di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta.

Yogyakarta, 11 Mei 2007: Universitas

Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/

upload/132318124/pengabdian/makalah-ppm-sdbudi-mulia.pdf

Rudiyati, Sari. 2010. Pembelajaran Membaca

dan Menulis Braille Permulaan pada Anak

Tunanetra. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak

Berkebutuhan Khusus. Volume 10 (1), 57-65. .

file:///C:/Users/PPKS102/Downloads/3909-7424-

-SM%20(1).pdf

Setiyaningrum. (2020). Pengembangan Buku Saku

Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP

SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan

Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 8(2)

file:///C:/Users/PPKS102/Downloads/8302-

Article%20Text-27589-1-10-20200629.pdf

Suseno, Adi. 2016. Keefektifan Media Dua Dimensi

Papan Magnetik terhadap Penguasaan Kosakata

dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk

Siswa Tunanetra Kelas di SDLB A Yaketunis

Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Universitas Negeri Yogyakarta. https://123dok.

com/document/y8gdem0z-keefektifan-magnetikpenguasaan-kosakata-pembelajaran-tunanetrayaketunis-yogyakarta.html

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa.

Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. Volume

(1), 127-145. http://ejournal.uin-suska.ac.id/

index.php/Kutubkhanah/article/view/813/77

Wibowo, Andry Tri. (2014). Pengaruh Penggunaan

Metode Total Physical Response (TPR) terhadap

Kualitas Berbahasa Inggris Anak Tunanetra di

SMPLB-A YPAB Gebang Surabaya. Jurnal

Pendidikan Khusus. Halaman 1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p84-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats