Implementasi Modifikasi Kurikulum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Ana Rafikayati, Eko Cahyo Prawoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi modifikasi kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni mixed method antara pra ekperimental one group pretst posttest design dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya sejumlah 3 mahasiswa berkebutuhan khusus Prodi Pendidikan Khusus UNIPA Surabaya Semester 3 yang terdiri atas 2 tunanetra, dan 1 tunadaksa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi dan wawancara. Selanjutnya Teknik tes dianalisis dengan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon untuk mengatahui hasil belajar, dan Teknik observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui proses. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modifikasi kurikulum dilakukan pada modifikasi tujuan pembelajaran pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), buku ajar perkuliahan, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun modifikasi yang dilakukan pada tujuan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik tunanetra dan tunadaksa. Sedangkan modifikasi proses yang dialkukan menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning sehingga terjadi kerjasama antara mahasiswa berkebutuhan khusus dan mahasiswa reguler. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif, modifikasi kurikulum yang dilakukan pada mahasiswa berkebutuhan khusus berpengaruh positif di mana diketahui Z hitung -4.788 dengan taraf signifikansi (a) 5%. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,005, sehingga  hipotesis  penelitian  terbukti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi kurikulum berpengaruh positif terhadap belajar mahasiswa berkebutuhan khusus.

Keywords


Modifikasi kurikulum; Mahasiswa berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Aldriyan, A. A., & Amini, S. (2020). Penerapan Metode Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Skanika.

Anabanu, M. (2021). Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Syntax Transformation. https://doi.org/10.46799/jst.v2i3.239

Dermawan, O. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Dewi, N. P. (2020). Problematika Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p1-10

Efendy, K. A., Moerdijati, S., & Yoanita, D. (2018). Classroom communication process dalam pendidikan inklusif Sekolah Dasar Galuh Handayani Pendahuluan. E-Komunikasi.

Hasan, R., & Saptono, M. (2021). Model , Strategi , Dan Metode Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Era Pandemi Covid-19 Di SLB Provinsi Kalimantan Tengah. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya.

Kurniawan, A., & Badiah, L. I. (2022). Pengembangan Media Modul Digital Interaktif Pembelajaran Braille Berbasis Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p006-012

Lutfi Isni Badiah, & Ana Rafikayati. (2021). Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Secara Inklusif Bagi Anak Tunantera di TK/SD Bersama IGTKI Mojokerto. Kanigara. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3157

Meirista, E., Rahayu, M., & Lieung, K. W. (2020). Analisis penggunaan model think talk and write berbantuan video pada mahasiswa disabilitas. Jurnal Pendidikan Edutama. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.727

Nisa, K. (2020). Panorama Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa ABCD Dharmawanita Herlang). EDUCANDUM. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.339

Rafikayati, A., Sambira, S., & Muhyi, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Audio dalam Pembelajaran Daring untuk Mahasiswa Tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p120-124

Rivera-Pérez, S., Fernandez-Rio, J., & Gallego, D. I. (2021). Effects of an 8-week cooperative learning intervention on physical education students’ task and self-approach goals, and emotional intelligence. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph18010061

Simarmata, J. E., Mone, F., Laja, Y. P. W., & . . . (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Fun Math Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FUN MATH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.

Stefani, F. D., & Samsiyah, N. (2021). Penerapan media pembelajaran flashcard mengenal kata untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya). https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.2973

Sudarto, Z., Rofiah, K., Ardianingsih, F., & Sujarwanto, S. (2019). Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p1-10

Sukadari, S. (2020). PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA KELAS RENDAH. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820

Sulistyo Nugroho, W., & Minsih. (2021). PEMETAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSI MELALUI PROGRAM IDENTIFIKASI DAN ASESMEN. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.414

Tran, V. D. (2019). Does cooperative learning increase students’ motivation in learning? International Journal of Higher Education. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n5p12

Wardany, O. F., & Sani, Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus). https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i12022p74-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats