Peningkatan Kemampuan Profesional Guru melalui Supervisi Teknik Diskusi Refleksi Kasus (DRK) oleh Kepala Sekolah di SLB B-C Santi Mulia Surabaya

Wahyudi Setiyono

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Tiap siklus melalui penatahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan peranan supervisi teknik DRK dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional para guru; 2) Memberikan arahan atau pedoman baik kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor sekolah dalam membina guru dan staf sekolah agar dapat meningkatkan kemampuan dan profesinya secara berdaya guna dan berhasil guna. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan profesional guru SLB B-C Santi Mulia Surabaya melalui penerapan supervisi teknik DRK. Hal ini ditandai adanya peningkatan kategori kemampuan profesional guru dalam setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus terakhir meningkat dan berada pada kategori tinggi.

Keywords


kemampuan profesional; supervisi teknik DRK

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. (1998). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan

tanggung jawab menjadi guru profesional.

Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta PN. Balai Pustaka.

Dirjen Dikdasmen. 1996. Sistem Pembina Profesional

Depdikbud. Jawa Timur.

Depdiknas, 2003 Fasilitator Jakarta

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal

Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2),

-285.

Iskandar Srini 2002 Penelitan Tindakan Kelas Malang

Universitas Negeri Malang

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan.

Studia Didaktika, 10(01), 51-62.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional

(Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala

Pendidikan, 3(3).

Maysaroh 200,1 Supervisi Akademik dengan Teknik IC

Malang Universitas Negeri Malang

Mulyati, Y. S. (2009). Peran dan Fungsi Guru Dalam

Meningkatkan Kualitas Pendidikan.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M.

R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam

Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM

dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika:

Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79-88.

Riduwan 2002 Skala Pengukuran Variabel variabel

Penelitian Bandung : Alfabeta

Sidjabat, B. S. (2008). Mengajar secara profesional:

Mewujudkan visi guru profesional.

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018).

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal,

(1), 13-22.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam

pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals:

Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan fungsi guru Sekolah

Dasar dalam memajukan dunia pendidikan.

Trihayu, 1(1), 259005




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p139-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats