Penggunaan Media Image Rotation dalam Meningkatkan Komunikasi Ekspresif Bahasa Lisan bagi Anak Autis di SKh Pandita

Euis Rahmawati, Sistriadini Alamsyah Sidik, Yuni Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ekspresif bahasa lisan dengan menggunakan media image rotation dalam pembelajarannya di SKh Pandita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Studi Eksperimen Single Subject Research (SSR) di Kelas 1 SDKh Pandita. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi ekspresif bahasa lisan. Fase baseline 1 (A1) yang dilakukan 4 sesi menunjukkan kesamaan nilai presentase sebesar 33%. Fase intervensi (B) yang dilakukan 8 sesi menghasilkan nilai presentase sebesar 77%, 77%, 77%, 83%,83%, 83%,83% dan 83%. Fase baseline 2 (A2) yang dilakukan 4 sesi menunjukkan nilai  presentase sebesar 67%, 80%, 80 % dan 80%. Efektifitas dilihat dari presentase overlap, dari intervensi (B) ke baseline 1 (A1)dan baseline 2 (A2) ke Intevensi (B) tidak menjukkan data yang tumpah tindih. Secara keseluruhan penggunaan media image rotation dalam meningkatkan kemampuan komunikasi ekspresif bahasa lisan pada anak autis kelas 1 di SKh Pandita.

Keywords


media image rotation;kemampuan komunikasi ekspresif bahasa lisan anak autis;anak autis

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Helmastuti, F., Dianggi, K., &

Maghfiroh, C. M. (2022). Boneka Ekspresi

Sebagai Alternatif Pembelajaran Afeksi pada

Siswa Autis. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG),

(1), 59-67.

Astuti, D. (2012). Meningkatkan kemampuan

komunikasi non verbal dengan menggunakan

media pecs (picture exchange communication

system) pada anak autis kelas persiapan semester

genap di slb negeri sragen tahun pelajaran

/2011.

Dewantoro, D. A., Pradipta, R. F., Huda, A., Yasmine,

L. Y., & Ariani, F. (2023, December). Literature

Study: The Role of Innovation in Education in

the Learning Process Teaching Children with

Special Needs Using Digital Technology. In

ND International Conference on Educational

Management and Technology (ICEMT 2023) (pp.

-204). Atlantis Press.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2019). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 57-

Hasibuan, I. T., & Marlina, M. (2020). Ekspresi Emosi

Anak Autis Dalam Berinteraksi Sosial Di Sekolah.

Jurnal Basicedu, 4(1), 175-182.

Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2021). Ekspresi

remaja milenial melalui penggunaan bahasa gaul

di media sosial. KEMBARA: Jurnal Keilmuan

Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 476-

Kumar, S., Pandey, A., Satwik, K. S. R., Kumar, S.,

Singh, S. K., Singh, A. K., & Mohan, A. (2018).

Deep learning framework for recognition of cattle

using muzzle point image pattern. Measurement,

, 1-17.

Larasari, P. A., Bachtiar, I. G., & Jaya, I. (2021).

Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif

pada anak dengan autisme melalui media lotto

bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus,

(1), 105-112.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and fine motoric ability of intellectual disabiliy

students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December).

Development of adaptive sports models in

improving motor ability and embedding cultural

values in children with special needs. In The

th International Conference on Education and

Management (COEMA 2019) (pp. 182-189).

Atlantis Press.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021,

September). Development of Online Learning

Resources as a Support System Learning from

Home at SLB LAB UM. In 2021 7th International

Conference on Education and Technology (ICET)

(pp. 100-106). IEEE.

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021).

Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran

bina diri anak tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia,

(1), 8-12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kualitatif

Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal.

Bandung: UPI Press

Suryani. (2015). Metode riset kuantitatif. Jakarta:

Kencana

Susilawati, S. Y., Ummah, U. S., Pradipta, R. F.,

& Dewantara, D. A. (2020). Resource Center

as Support System on Inclusive Education in

Malang. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 113-119




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12023p17-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats