Brain Gym sebagai Sarana untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Autis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alberto, P.A & Troutman, A.C. 2009. Applied
Behaviour Analysis for Teachers Eighth Edition.
New Jersey: Merrill.
Astuti, E.S., Wahyuningsri, & Warastuti, W. 2014.
Pengaruh Stimulasi Motorik Halus terhadap Daya
Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal
Ilmu Pendidikan, 20(2), 233-237.
Carlson, N.R. 2015. Fisiologi Perilaku Edisi Kesebelas
Jilid 2. Terjemahan Fatmah Nurjanti. Jakarta:
Erlangga. Tanpa Tahun.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.
Denisson, P. 19866. Brain Gym (Senam Otak).
USA:Eduk-Kinesthetics. Inc.
Desiningrum, D.R. 2016. Terapi Senam Otak untuk
Menstimulasi Kemampuan Memori Jangka
Pendek pada Anak Autis. Jurnal Psikologi, 43(1),
-41.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta:Rineka Cipta.
Eliasa. 2007. Brain Gym, Brain Games (Mari Bermain
Otak dengan Senam Otak). Makalah disajikan
dalam rangka Program Parent Volunteer’s Week,
SD Budi Mulia Dua, Yogyakarta, 26-27 Desember.
Gibbs, K.L. 2007. Study Regarding the Effects of
Brain Gym on Student Learning. Thesis. New
York: Departement of Education and Human
Development of the State University of New York
College at Brockport.
Ikbal, B. 2017. Pengaruh Senam Otak terhadap
Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN
Alauddin Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Makassar: Fakultas Kedokteran dan Ilmu
Keperawatan Universitas Islam Negeri Makassar.
Nugroho, Y.J.D. 2009. Efek Brain Gym dalam
Meningkatkan Perhatian Anak Attention Deficit
Disorder. Jurnal Psikologi, 5(1).
Nuryana, A. &Purwanto, S. 2010. Efekfitas Brain
Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Pada Anak. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala
Psikologi, 12(1), 88-89.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Prasanti, F.D. 2015. Pengaruh Brain Gym terhadap
Konsentrasi Belajar. Counselium, 1(2).
Priyatna, A. 2010. Amazing Autism! (Memahami,
Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis). Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.
Reefani, N.K. 2013. Panduan Mendidik Anak
Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium.
Solichah, S.F. 2017. Pengaruh Penggunaan media
mobile learning berbasis android dengan aplikasi
akuntansi UKM terhadap Konsentrasi dan Hasil
Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri
Kediri. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang :
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widad, A. 2016. Penggunaan Metode Brain Gym
terhadap Kemampuan Menyimak Anak Autis.
Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1)
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats