Brain Gym sebagai Sarana untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Autis

Rina Khasanah, M Shodiq A M, Muchammad Irvan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, seorang siswa autis mempunyai konsentrasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan pelaksanaan brain gym pada kegiatan terapi siswa autis dan mendeskripsikan pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada kegiatan terapi siswa autis. Rancangan penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melakukan gerakan awal dan 5 gerakan brain gym dengan baik. Terdapat pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar yang ditunjukkan dengan mean, level dan trend yang meningkat dan tidak ada latency

Keywords


Brain Gym; Konsentrasi Belajar; Autis

Full Text:

PDF

References


Alberto, P.A & Troutman, A.C. 2009. Applied

Behaviour Analysis for Teachers Eighth Edition.

New Jersey: Merrill.

Astuti, E.S., Wahyuningsri, & Warastuti, W. 2014.

Pengaruh Stimulasi Motorik Halus terhadap Daya

Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal

Ilmu Pendidikan, 20(2), 233-237.

Carlson, N.R. 2015. Fisiologi Perilaku Edisi Kesebelas

Jilid 2. Terjemahan Fatmah Nurjanti. Jakarta:

Erlangga. Tanpa Tahun.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Denisson, P. 19866. Brain Gym (Senam Otak).

USA:Eduk-Kinesthetics. Inc.

Desiningrum, D.R. 2016. Terapi Senam Otak untuk

Menstimulasi Kemampuan Memori Jangka

Pendek pada Anak Autis. Jurnal Psikologi, 43(1),

-41.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta:Rineka Cipta.

Eliasa. 2007. Brain Gym, Brain Games (Mari Bermain

Otak dengan Senam Otak). Makalah disajikan

dalam rangka Program Parent Volunteer’s Week,

SD Budi Mulia Dua, Yogyakarta, 26-27 Desember.

Gibbs, K.L. 2007. Study Regarding the Effects of

Brain Gym on Student Learning. Thesis. New

York: Departement of Education and Human

Development of the State University of New York

College at Brockport.

Ikbal, B. 2017. Pengaruh Senam Otak terhadap

Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN

Alauddin Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Makassar: Fakultas Kedokteran dan Ilmu

Keperawatan Universitas Islam Negeri Makassar.

Nugroho, Y.J.D. 2009. Efek Brain Gym dalam

Meningkatkan Perhatian Anak Attention Deficit

Disorder. Jurnal Psikologi, 5(1).

Nuryana, A. &Purwanto, S. 2010. Efekfitas Brain

Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Pada Anak. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala

Psikologi, 12(1), 88-89.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Prasanti, F.D. 2015. Pengaruh Brain Gym terhadap

Konsentrasi Belajar. Counselium, 1(2).

Priyatna, A. 2010. Amazing Autism! (Memahami,

Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis). Jakarta: PT

Elex Media Komputindo.

Reefani, N.K. 2013. Panduan Mendidik Anak

Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium.

Solichah, S.F. 2017. Pengaruh Penggunaan media

mobile learning berbasis android dengan aplikasi

akuntansi UKM terhadap Konsentrasi dan Hasil

Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri

Kediri. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang :

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widad, A. 2016. Penggunaan Metode Brain Gym

terhadap Kemampuan Menyimak Anak Autis.

Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats