Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita
Abstract
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini adalah orangtua dari peserta didik SLB Kedungkandang Malang sebanyak 21 orang. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orangtua dan kesadaran menggososk gigi anak tunagrahita dimana yang diperoleh nilai korelasi rho sebesar 0,808 (tinggi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif dan sejalan antara pola asuh orang tua dan kesadaran menggosok gigi anak tunagrahita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. dan Hadi, S. (2013). Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran: Ilmu Pengetahuan
Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Arikunto, S (2006). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik, Edisi VI. Jakarta: Penerbit
PT Rineka Cipta.
Darmawan, L. (2007). Cara Cepat Membuat Gigi Sehat
& Cantik dengan Dental Cosmetics. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Dewantoro, D. A., Susilawati, S. Y., & Pradipta, R.
F. (2018). Family Environment Support in Early
Intervention of Children with Cerebral Palsy.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik.
Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Purnamawati, F., & Pradipta, R. F. (2020, December).
Relationship of Parent Patterns With SelfAwareness Children With Intellectual Disabilities.
In 6th International Conference on Education and
Technology (ICET 2020) (pp. 182-185). Atlantis
Press.
Rimm, S. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin
pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syaiful. (2014). Peran Pola Asuh Demokratis
Orangtua terhadap Pengembangan Potensi Diri
dan Kreativitas Siswa Isi Jurnal. Dalam Harbeng
Misni. Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm.61).
Jambi: Penerbit Universitas Batanghari Jambi.
Tiyas, L. R. (2015). Pemanfaatan Media Boneka Gigi
untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri
(Menggosok Gigi) Anak Tunagrahita Kelas I di
SDLB Marsudi Utomo Kesamben Kabupaten
Blitar. Skripsi. Malang: FIP UM.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20.
Sistem Pendidikan Nasiaonal. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. (Online). (http://www.
depdiknas.go.id/ UU RI No 20/2003- Sistem
Pendidikan Nasional), diakses 2 Februari 2018.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23.
Perlindungan Anak. Jakarta: Komisi
Perlindungan
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p8-12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats