Evaluasi Implementasi Sekolah Inklusi Menengah Pertama Negeri 175 Jakarta

Drinka Radisic, Isma Humaeroh, Siti Masruroh

Abstract


Penyelenggaran pendidikan inklusi bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi semua, termasuk anak berkebutuhan khusus. Jenis kekhususan yang paling sering ditemui adalah keterlambatan belajar. Penyesuaian perlu dilakukan oleh sekolah, baik dari segi kurikulum, sarana dan prasaran pendidikan serta sistem pembelajaran. Pada penyesuaian tersebut mengalami kendala dalam mengimplementasikannya. Penelitian ini menggunakan kajian evaluasi CIPP dengan metode deskriptif kualitatif berdasarkan sumber data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah wali kelas, guru mata Pelajaran IPS dan guru pedamping khusus (GPK). Hasil dari evaluasi menunjukan bahwa kurikulum atau materi yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus dapat dikembangkan untuk pesert a didik dengan kekhususan keterlambatan belajar. Implementasi kurikulum dalam pembelajaran peserta didik dengan kekhususan keterlambatan belajar terlaksana dengan cukup baik walaupun belum bekerja sama dengan guru pendamping khusus secara rutin.

Keywords


Evaluasi; Implementasi Inklusi; SMPN 175 Jakarta

Full Text:

PDF

References


Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan

Perspektif Model Cipp (Context, Input, Process,

Product). https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Lukitasari, S., Sulasmono, B., & Iriani, A. (2017).

Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan

Inklusi. Jurnal Manajemen Pendidikan, , 4, 121–

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi pembelajaran anak

berklebutuhan khusus (ABK) di kelas inklusif

di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Studi

Islam, 5, 201–227.

Martha, D., & Suryana, D. (n.d.). Manajemen Sarana

dan Prasarana Pendidikan Inklusif Anak Usia dini.

Pendidikan, D., & Ambon, K. (2018). Peran Guru

Bimbingan dan Konseling pada Sekolah

Penyelenggara Pendidikan Inklusi Desje Lattu.

Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02.

http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I.,

Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021).

Development of Online Learning Resources as

a Support System Learning from Home at SLB

LAB UM. 2021 7th International Conference on

Education and Technology (ICET), 100–106.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,

Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.

(2020). The Role of The Resource Center in the

Implementation of Inclusion Education in Basic,

Medium, and Higher Education Institutions: A

Grounded Theory Approach. 1st International

Conference on Information Technology and

Education (ICITE 2020), 490–496.

Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap

Pendidikan Inklusif. 1(3).

Sari, W. Q. (2012). Pelaksanaan inklusi di Sekolah

Dasar Negeri 14 Pakan Sinayan Payakumbuh.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, 190–197.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan

pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumarni. (2019). PENGELOLAAN PENDIDIKAN

INKLUSIF DI MADRASAH MANAGEMENT

OF INCLUSIVE EDUCATION IN MADRASA.

EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama

Dan Keagamaan, 148–161.

Sunardi. Mucawir, Y., Gunarhadi, Proyono, & John,

L. , Y. (2011). The implementation of inclusive

education for students with special needs in

Indonesia. Excellence in Higher Education., 2,

–10.

Tayibnapis, Yusuf. F. (2008). Evaluasi Program dan

Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan

dan Penelitian. Rineka Cipta.

Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program

Inklusi Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen

Pendidikan, 109–120




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i12024p7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats