Senam Pagi untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita

Azizah Rahmawati, Abdul Huda

Abstract


Kemampuan intlektual yang bisa berpengaruh terhadap kemampuan sosialnya, seperti interaksi yang tidak terarah, sehingga penanganan khusus ataupun upaya penyesuaian didalam menentukan strategi dan perencanan mengajarnya sangat diperlukan. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pelaksanaan senam pagi. (2) Mendeskripsikan hambatan implementasi senam pagi, (3) Mendeskripsikan solusi mengatasi hambatan implementasi senam pagi. (4) Mendeskripsikan dampak senam pagi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil teknik pengumpulan data, analisis data dan pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan peneliti, menunjukan bahwasannya dalam implementasi kegiatan senam pagi di sekolah didapati (1) Program: penyampiaan tujuan, penentuan sasaran, penanggung jawaban kegiatan, pemilihan bentuk kegiatan senam, pelaksanan dan pengadaan evaluasi. (2) Pelaksanaan: persiapan kegiatan senam, pelaksanaan kegiatan senam, hasil senam pagi dalam pembelajaran dan evaluasi. (3) Hambatan: kondisi siswa dan sarpras. (4) Solusi mengatasi hambatan berupa: pendekatan afeksi dan cara alternatif. (5) Dampak: ketertarikan, kebugaran, kemampuan motorik dan prestasi.

Intellectual capabilities that can affect their social capabilities, such as non-directional interaction, so that special handling or adjustment efforts in determining the strategy and planning of teaching is needed. The purpose of research (1) Describe the implementation of morning gymnastics. (2) Describe the obstacles of implementation of morning gymnastic, (3) Describe solution to overcome obstacle of morning gymnastics implementation to build student’s learning motivation. (4) Describe the impact of morning gymnastics on student learning motivation. From data results collection techniques, data analysis and checking the validity of findings conducted by researchers, showed that in the implementation of morning gymnastic activities at school founded (1) program: goals delivery, targeting, responsibility for activities, Gymnastics activities, implementation and evaluation procurement. (2) implementation: preparation of gymnastics activities, the implementation of gymnastics activities, the results of morning exercises in learning and evaluation. (3) Barriers: students’ condition and infrastructure. (4) Solutions: Approach affection and alternative ways (5) Impact: Interest, fitness, motor skills and achievement.


Keywords


Senam Pagi, Motivasi Belajar, Tunagrahita Mampu Didik.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang: Inproving Social Instructional Quality By Cooperative Model,Course Review Horay Type at Fourth SDN.Jurnal Kependidikan Dasar, (Online), [3] 1(2): 196, (http://journal/unnes.ac.id ), diakses 13 Mei 2017.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publication.

Effendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G. & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prstasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2011, 12 (1): 83. (Online), (http://www.academia.edu ) diakse 18 Februari 2017. I.S.A. (2016). Senam Ceria, Senamnya ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). (Online), (http://slbcgandasari-jatibarang. mysch.id), diakses 12 Desember 2016.

Ibrahim. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online), (Kbbi.web.id/motivasi.), diakses 12 Desemberr 2016.

Liyana, N., Muhariati, M. & Rusilanti, R. (2014). Perbandingan Pola Asuh Belajar Anak Tunagrahita Mampu Didik Berdasarkan Status Ekonomi Orang Tua. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, (Online), 2 (1): 16, (http://journal.unj.ac.id), diakses 25 Mei 2014.

Muhardian, M.S. (2013). Motivasi dan Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal (MULOK) Produktif Kelas X TPHP SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Hasil penelitian i. Yogyakarta: FT UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id), diakses 12 Desember 2016.

Mujianto, G. E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Melalui Media Permainan Rainbow Flag pada s iswa tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Journal of Physical Education, Helth and sport, (Online), 2 (1): 32-37, (http://journal. unnesa.ac.id), diakses 13 Desember 2016.

Mulyani, V.T. (2015) Memotivasi Belajar Anak Tunagrahita Mmpu didik. Dinamika Pendidikan. Jurnal pendidikan, (Online), (http://journal.uny.ac.id), diakses 12 Desember 2016.

Pandongan, E.P. (2014). Pengaruh Tari Jaranan Modifikasi bermedia VCD terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, (Online), (http:// ejournal.unesa.ac.id ).

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2).

Purnama, A. (2016). Pengaruh Senam Anak Indonesia terhadap kecepatan dan kelincahan (Studi kasus: SD Islam AL- Mubarok Surabaya). Jurnal kesehatan olahraga,(Online),(http://ejurnal. unesa.ac.i d), 4(3): , diakses 27 November 2016.

Putri, S.H. (2013). Senam, (online), (http://googleweblight.com), diakses 27 November 2016.

Ragil, D.S. (2016). Tingkat Keterlaaksanaan Pembelajaran Pendidika Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Penjas Adaptif) di Sekolah Dasar Inklusi Se- kecamatan Sentolo. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Sjarifuddin, A. (1980). Olah Raga dan Kesehatan. Jakarta: Vika press.

Soemantri, T.S. (2005). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y.E. (2010). Kesulitan Belajar. Dalam Jurnal Magistra, 2010, (73). (Online), (http:// www.academia.edu. ), diakses 18 Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats