Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing bagi Tunagrahita

Samik Nuroh Ramadhani, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media quiet book yang layak dan efektif dalam pembelajaran bina diri keterampilan memakai baju berkancing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil uji coba individu dan kelompok memperoleh rata – rata pretest 77,8 dan posttest 84,6. Berdasarkan hasil uji coba, terdapat kenaikan nilai sebelum dan sesudah menggunakan media, maka media quiet book  termasuk dalam kriteria yang layak dan efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran memakai baju berkancing siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Eka Mandiri Kota Batu secara individual maupun klasikal.

This research was aims to produce a ‘quiet book’ media that is feasible and effective in self-improvement learning skill of wearing buttoned clothes. Research method used is research and development method. Individual and group trialresult obtained pretest 77,8 and posttest 84,6. Based on test result, the is an increase in value before and after using media, then the ‘quiet book’ media include in the criteria is feasible and effective and can be used as a learning media individual or classical about wearning buttoned clothes media of student with mild intellectual disabilities 2nd grade in SDLB Eka Mandiri Batu City.


Keywords


Quiet Book, memakai kancing baju, Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Assjari, M. (1995). Assesment Kemampuan Merawat Diri. Bandung Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus (Online) IX(1) : 12, (http://journal.uny.ac.id/jpk), diakses tanggal 31 April 2017 pukul 4:43

Casmini, M. (2012). Modul Pengajaran Bina Diri dan Bina Gerak. Bandung: UPI

Fitrya, N.R. (2016). Efektifitas Penggunaan Backward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 1c Di Slb Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta : KIP Universitas Sebelas Maret

Healton, S. & Keller, T. (2006). Creative Quietbook. United States Paten. Nomor US11080174 dalam google patent diakses pada tanggal 03 maret 2017

Marhena, D. (2015). “Perancangan Buku Bantal Sebagai Media Pengenalan Permainan Tradisional Untuk Anak Di PAUD Dewantara Pratama Boyolali”. Skripsi. Semarang: FBS Universitas Negeri Semarang

Pincock. A. (2013). Quiet Book Patterns : 25 easy to make activities for your children(CD included). Cedar fort: springvile UT

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2).

Saptunar. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1): 104.

Soemantri, T. Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.

Wulansari. Resita. (2016). Pengembangan Media 3 Dimensi (“Busy Book”) Bina Diri Memakai Sepatu Bertali Untuk Siswa Tunagrahita di SMPLB Idayu 1 Kota Malang. Skripsi. Malang: FIP Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p12-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats