Peningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Down Syndrome melalui Senam Ceria

Tulus Sukma Al Wafi, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


Kurangnya ketrampilan motorik merupakan salah satu hambatan yang dimiliki oleh siswa down syndrome. Untuk meningkatkan ketrampilan motorik dapat dilakukan dengan senam ceria. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan video senam ceria terhadap ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Arief S. Sadiman (2010). Terdapat 3 subjek validasi yaitu, (1) validasi ahli media yang menunjukkan presentase 94%, (2) validasi ahli pembelajaran ABK yang memperoleh presentase 92%, dan (3) ahli materi yang memperoleh presensate 87%. Subjek uji coba dilakukan kepada 4 siswa down syndrome dengan diperoleh rata-rata ketuntasan adalah 100%. Artinya adalah video senam ceria sangat layak dan sangat efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa down syndrome. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi baru dalam pengembangan media pembelajaran dan peningkatan ketrampilan motorik kasar.

The lack of motor skills is one of the student’s obstacles with Down syndrome. To improve motor skills can be with “Senam Ceria”. To know utilization of “Senam Ceria” video about gross motor skills of students with Down syndrome is the purpose of this research and development using Arief S. Sadiman (2010) development model. There are 3 validation subjects are, (1) media expert showed the precentage of 94%, (2) ABK learning expert was obtaine of 92% and (3) a percentage of 87% was obtained from material expert. Subject trials conducted to 4 students with Down syndrome was obtaine an average achievement of 100%. It means “Senam Ceria” video is very valid and effective as a learning media to improve gross motor skills of students with Down syndrome. It is expected that the results of this study can be a new reference in the development of learning media and improvement of crude motor skills.


Keywords


ketrampilan motorik kasar, down syndrome, senam ceria

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brill, M. T. (2007). Down Syndrome. New York: Marshall Cavendish. Dari Book Google, (Online), (http://books.google.com), diakses 15 Desember 2016.

Dekayati, S., Asih, S. H. M., & Nurullita, U. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Menyusun Menara Donat Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Down Syndrome Usia Sekolah Di Slb Negeri Semarang. Karya Ilmiah S. 1 Ilmu Keperawatan

Kusumawati, A. (2013). Penanganan Kognitif Anak Down Syndrome Melalui Metode Kartu Warna Di Tk Permata Bunda Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mahendra, A. (2007). Sejarah dan pengertian senam.

Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di Taman Kanak-Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Pesona PAUD, (Online), 1 (1): 1,(http:// download.portalgaruda.org/article.php?article), diakses pada 06 Desember 2016.

Olivia, F. (2009). Kembangkan Kecerdikan Anak dengan Taktik Biosmart. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Dari Book Google, (Online), (http:// books.google.com), diakses 17 Januari 2017.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2)

Purwoko, A. (2001). Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes Press.

Sadiman, A, dkk. (2010). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. (2007). Child Development, eleventh edition. New York: McGraw Hill Companies Inc.

Sudarsini. (2013). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas. (Online), (http://pendis.kemenag. go.id), diakses 01 Desember 2016.

Yusmarni. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Fantasi Menurut Cerita di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Padang Pariaman. Jurnal Pesona PAUD, (Online), 1 (1): 1, (http://download.portalgaruda.org/article. php?article), diakses pada 06 Desember 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats