Penerapan Media Interaktif “KNS” untuk Siswa Autis

Sartika Rahmawati, Asim Asim

Abstract


Siswa autis adalah anak yang memiliki dunianya sendiri . Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa autis lemah dalam mengenal konsep bunyi. Untuk meningkatkan kemampuan identifikasi bunyi siswa autis penggunaan media interaktif berbasis audio dan visual dengan nama Media Interktif KNS (kenal nama dan suara). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Interaktif KNS terhadap kemampuan identifikasi bunyi siswa autis kelas II SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Autistic students are children who have their own world. This became one of the causes of autistic students weak in recognizing the concept of sound. To improve the autistic students’ sound recognition ability using audio and visual interactive media with the name of KNS Interactive Media (know name and sound). This research uses quantitative research design with pre experiment method with one group pretest-posttest design. Based on the results obtained using Wilcoxon Test concluded that there is a significant effect of KNS Media on the ability to identify the sounds of autism students class II SLB Autism Laboratory State University of Malang.


Keywords


autis, Media Interaktif KNS, kemampuan identifikasi bunyi

Full Text:

PDF

References


Ariyani. (2010) Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Hasan, (2006) Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fauziah, (2009) Strategi dan Teknik Pembelajaran pada Anak dengan Autisme, (Online), 29 (1):14- 25. (forumkependidikan.unsri.ac.id), diakses 3 Juni 2017.

Hayes. (2010) Interactive Visual Supports for Children with Autism. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, (Online),14:663–680, (https://pdfs.semanticscholar.org), diakses 03 Juni 2017.

Hendrawan, R. (2004) CD Multimedia Interaktif Komunikasi Visual untuk Anak Penderita Autis. Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kalsum. (2014) Pemantauan Peningkatan Kemampuan Pengenalan Hewan Berkaki Empat dengan Program Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Autis. Jurnal Ilmiah Go Infotech. 20 (2). (Online). (http://jurnal.stmik-aib.ac.id), diakses 23 Desember 2016

Koswara. (2013) Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Nirahma, (2012) Metode Dukungan Visual pada Pembelajaran Anak dengan Autisme, (Jurnal). Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Vol 1, No 02, diakses 2 Desember 2016.

Panggabean, (2014) Analisis Kemampuan Berkomunikasi Verbal dan Nonverbal pada Anak Penderita Autis (Tinjauan Psikolinguistik). Skripsi tidak diterbitkan. Medan. Universitas Negeri Medan.

Wulandari, (2016) Penggunaan Media Film Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Autis Kelas III SDDI SLB Relabhakti I Gamping. Skripi tidak diterbitkan. Yogyakarta:UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats