Studi Kasus Implementasi Layanan Pendidikan Inklusif di Kota Madiun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan sejauhmana sekolah inklusif yang ada di Kota Madiun melaksanakan layanan pendidikan inklusif. Peneltian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam memperoleh data. Hasil yang didapat oleh peneliti adalah belum maksimalnya penyelenggraan layanan pendidikan inklusif di sekolah-sekolah inklusif di kota Madiun. Persepsi tentang pendidkan inklusif yang masih minim, Guru Pembimbing Khusus (GPK) belum ada, fasilitas penunjang belum terpenuhi, sampai peran Dinas Pendidikan Kota Madiun yang belum maksimal dalam mengelola terlaksananya layanan pendidikan ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa Kota Madiun belum siap secara maksimal dalam menyelenggarakan sekolah inklusif.
The purpose of this research is to describe how Madiun City implementing the inclusive education services. This research used the qualitative method. The reasercher used the observation, interview and documentation technique to collect the datas. The result was, the implementation of the inclusive education in Madiun City’s inclusive school has not maximum. The perception of inclusive education was still minimum. The Special Guidance Teacher has not been provided yet. The facilities were not fulfill and the Education Council of Madiun City already yet to organized this education services yet.. The final conclusion is that the Madiun City has not already organized the inclusive school yet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasional, P. M. P., & INDONESIA, R. (2009). Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.
Hermanto. (2015). Panduan untuk Kepala Sekolah Supervisi Pembelajran Sekolah Dasar Inklusif (Buku 1). Malang: Program Studi Manajeman Pendidikan Pascasarjana UM
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan inklusif: konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Khoirunnisa, K. (2017). Kurikulum Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Prociding International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 7th 2017: Reorientation of Special Education in Improving Self-help of Children with Special Needs: Faculty of Education State University of Malang. (hlm. 73-79)
Mudjito. (2012). Pendidikan Inklusif (Wardi, Ed). Jakarta: Baduose media Jakarta
Mudjito. (2013). Berbagai Peraturan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Rachmayana, D. (2013). Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta: PT LUXIMA METRO MEDIA.
Yuwono, I. (2017). Evaluasi Pelaksnaan Program Pendidikan Inklusif SD di Kota Banjarmasin. International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 7th 2017: Reorientation of Special Education in Improving Self-help of Children with Special Needs: Faculty of Education State University of Malang. (hlm. 545-548)
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats