Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita

Mira Ferola Herdianingsih, Endro Wahyuno, Pramono Pramono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test - post test. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa 4 soal tes kinerja dan 2 soal tes tulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pre-test dan post test. Hasil perhitungan melalui uji Wilcoxon dengan n = 5 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh  = 1, maka  diterima dan  ditolak, karena (0) ≤  (1) artinya hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Syllabic Method memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar.


Keywords


Syllabic Method; Kemampuan Membaca Permulaan; Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi

Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat

Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Akhadiah, Sabarti Dkk. (2002). Pembinaan

Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita.

Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakata: Bumi Aksara.

Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar

Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT

Bumi Aksara.

Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran

PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kustiawan, Usep. (2013). Sumber dan Media

Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas

Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Ritawati Wahyudin, (1996). Bahan Ajar Pendidikan

Bahasa Indonesia Di Kelas-Kelas Rendah SD.

Padang. IKIP.

Rojiati, Janatu. (2015). Pengaruh Metode Kupas

Rangkai Terhadap Keterampilan Membaca

Permulaan Anak Tunagrahita Sedang Kelas Iv Di

SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Skripsi. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, Eny. (2013). Draf Penulisan Buku Kesulitan

Membaca Permulaan Pada Anak. Diagnosa Dan

Cara Mengatasinya. Yogyakarta:Pendidikan

Guru Sekolah Dasar FIP UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats