Media Maze Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Tunagrahita

Alfian Dianmarta, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita
kelas sebelum diberikan perlakuan, (2) kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita sesudah
penggunaan media maze angka, (3) pengaruh media maze angka terhadap kemampuan mengenal
bilangan siswa tunagrahita kelas III SDLB Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah siswa
tunagrahita kelas III yang berjumlah 5 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan
bahwa ada pengaruh media maze angka terhadap kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita.

The purpose of this research were to determine (1) the ability to know the number of students
with intellectual disability before being given treatment, (2) the ability to know the number of students
with intellectual disability after use of the numeral maze media media numberal maze, (3) the effect of
numeral maze media toward ability for introducing number for students with intellectual disability. This
research used experimental research design with one group pretest posttest. The subjects were students
with intellectual diasbility grade III, amounting 5 students. Based on analysis of these data, we concluded
that there is an effect of numeral maze media toward ability for introducing number for students with
intellectual disability.


Keywords


maze angka, mengenal bilangan, tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Constantina, E.L & Hasibuan, R. (2015). Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. E-Journal Unesa, (Online), 4 (2): 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/

article/view/11383), diakses 26 November 2016.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartati, D. (1994) Program Kegiatan Belajar TK. Jakarta: Departemen Pendidikan TK.

Haryuni, S. (2013) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Domino Segitiga di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir

Selatan. Spektrum PLS, (Online), 1(01): 107-108, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/1484), diakses 21 Febuari 2017

Nugroho, D. A., Harmastuti, H., & Uminingsih, U. (2017) Membangun Game Edukasi Mathematic Maze Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, (Online), 2(1): 70, (http://journal.akprind.ac.id/index.php/STATISTIKA/article/view/860), diakses 10 April 2017.

Rejeki, S. (2016) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-20 Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Siswa Tunarungu Kelas I Dasar SLB Negeri 2 Bantul. Widia Ortodidaktika, (Online), 5(5): 19, (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/5429), diakses 21 Febuari 2017.

Suyanto, S. (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats