Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita

Atifah Fauzia, Usep Kustiawan

Abstract


Pembelajaran membaca permulaan bagi siswa tunagahita sangat penting sebab dapat
mempengaruhi tahap perkembangan lainnya. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat
diperlukan bagi siswa tunagrahita. Alat peraga atau media harus disesuaikan dengan karakteristik siswa
agar siswa tunagrahita yang sulit berpikir abstrak dan daya ingat yang lemah. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan produk multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang dikemas dalam CD ini
diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari metode Borg & GalL. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan
layak dan efektif diterapkan bagi siswa tunagrahita dengan memperoleh skor validasi ahli media 97%
(sangat layak), validasi ahli materi 76% (layak) dan validasi ahli pembelajaran ABK 88% (sangat layak).
Efektifitas multimedia interaktif yang dikembangkan terbukti efektif yang telah diuji dengan Uji T
memperoleh kesimpulan t hitung 5 lebih besar dari t tabel 2,353, artinya media yang dikembangkan
efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan untuk siswa tunagrahita.Saran penelitian
ini adalah: (1) mengvalidasi media pada beberapa ahli minimal 3 validator disetiap aspek penilaian agar
semakin kuat hasil validasi media dan (2) uji coba lapangan lebih luas.

Preliminary reading reading for students with tunagahita is very important because it can affect
other stages of development. The use of teaching aids in learning is very necessary for students tunagrahita.
The props or media should be tailored to the characteristics of the students so that the students with
difficult tunagrahita think abstract and weak memory. This study aims to produce interactive multimedia
products. The interactive multimedia that is packaged in this CD is expected to increase the interest and
reading ability of the beginning of the tunagrahita students. The research method used in this research
is adapted from Borg & GalL method. The results showed that interactive multimedia can improve the
reading ability of beginning and appropriate and effective applied for the students with a score of 97%
(very feasible), validation of material experts 76% (eligible) and validation of learning experts ABK 88%
(very feasible). The effectiveness of interactive multimedia developed proved effective that has been
tested with Test T got the conclusion t count 5 bigger than t table 2,353, meaning that media developed
effectively applied in reading learning beginning to student of tunagrahita.Saran of this research are:
(1) validate media at Some experts at least 3 validators in each aspect of assessment for the stronger the
results of media validation and (2) field trials more widely.


Keywords


Multimedia Interaktif;Membaca Permulaan;Hambatan Intelektual

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2010) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya

Hikmah. D Ainur. (2015) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Membilang dan Mengenal Huruf-huruf Alfabet untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 1 SDLB N Cendono Kabupaten Kudus. (online) (http://www.unnes.ac.id), diakses 29 April 2017.

Praswisma, Bela. (2016) Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Kelas 1 SDLB Negeri Kedungkandang.Skrpsi tidak diterbitkan. Malang:Universitas Negeri Malang

Rahman M, Muzdalifah. (2014) Memahami Prinsip Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Elementary, (online), 2 (1) : 174. (http://journal.stainkudus.ac.id) diakses 29 April 2017

Sarwiko. Dwi. (2010) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia director mx (studi kasus mata kuliah pengolahan citra pada jurusan s1 sistem informatika). (online), (http://www.gunadarma.ac.id) , diakses 29 April 2017.

Soemantri, Sutdjihati. (2012) Psikologi Anak Luar Biasa.Bandung:Refika

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2013) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukotjo & Triarini, whening D. 2015. Buku Guru Pahlawanku Seri Pembelajaran Terpadu untuk Tunagrahita. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Suranti. (2008) Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode SAS Pada Siswa Tunagrahita Kelas III SLB YPCM Boyolali. Skrpsi tidak diterbitkan. Surakarta:Universitas Sebelas Maret

Sutawidjaja, Afgani. (2014) Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas

Wijaya, Ardhi. (2013) Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Imperium




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p6-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats