Permainan Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Tunarungu

Aulia Sintya, Sopingi Sopingi

Abstract


Tunarungu merupakan anak yang memiliki hambatan pendengaran, sehingga perkembangan
bicara dan bahasanya terhambat. Minimnya kosakata tentu berpengaruh terhadap kemampuan mengenali
pola kalimat dan menyusun kalimat. Permainan Scramble merupakan permainan yang melatih kreativitas
dan daya ingat siswa terhadap pola kalimat seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan. Sehingga
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian
adalah seluruh siswa kelas IV tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Teknik pengumpulan
data menggunakan instrumen tes menyusun kalimat. Analisis data menggunakan uji jenjang bertanda
Wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan scramble terhadap
kemampuan menyususun kalimat sederhana.

Deaf are children who have obstacles with the organ of hearing, so the development of speech
and language are impaired. The lack of vocabulary certainly affect the ability to recognize sentence
patterns and compose sentences. Scramble game is a game that exercises creativity and students’ memory
of sentence patterns such as subject, predicate, object, and description. So it can improve students’ ability
in composing sentences. This research uses Pre Experimental Design with One Group Pretest-Posttest
Design. The subjects of this study are all students of grade IV deaf in SDLB Negeri Kedungkandang
Malang. The data collection was done with the test instrument composing the sentence. The analysis used
a Wilcoxon’s Signed Rank Test. The results showed that there is the influence of scramble game on the
ability to compose simple sentences in students with hearing impairment


Keywords


Permainan Scramble; Kemampuan menyusun kalimat sederhana; Hambatan Pendengaran

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1994) Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi.

Andriani, W. (2016) Pengaruh Permainan Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII Di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang FIP UM.

Arikunto, S. (2015) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiat, E. F. R. (2015). Penerapan Metode Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu Kelas V SDLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(3). Diakses pada tanggal 12 Agustus 2017.

Dames, P. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Efendi, M. (2009) Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p13-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats