Metode Sosiodrama Untuk Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu

Ayu Yulistyani Fauziah, Agung Kurniawan

Abstract


Menjelaskan pengaruh penggunaan sosiodrama dalam penajaman kalimat pengucapan untuk
siswa hambatan pendengaran kelas XI di SMALB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan desain
eksperimental dengan desain Quasi eksperimental, desain time series, dengan Q1-Q4 pre test untuk
mengukur hasil belajar sebelum menggunakan metode sosiodrama dan Q5-Q8 post test untuk mengukur
hasil belajar setelah menggunakan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pelajaran
Bahasa Indonesia dapat diterapkan karena selain tujuan utamanya adalah mengucapkan kalimat, tetapi
juga dapat melatih anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran pada aspek motorik, konsentrasi,
kesabaran, dan ketekunan.

reveal the influence of the use of sociodrama in sharpening sentences pronunciation for
Hearing Impairment students of XI grade in SMALB-B YPTB Malang. This study used experimental
design with Quasi experimental design, time series design, with Q1-Q4 pre test to measure learning result
before using sociodrama method and Q5-Q8 post test to measure learning result after using sociodrama
method. The use of sociodrama method in Indonesian Language lesson can be applied because besides
the main purpose is to pronounce sentences, but also can train Hearing Impairment children on motoric
aspect, concentration, patience, and persistence.


Keywords


Hambatan Pendengaran; Pengucapan Kalimat; Metode Sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Sadjaah, E. (1995) Bina Bicara Persepsi Bunyi dan Irama. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: tidak diterbitkan.

Kusno. (1985) Pengantar Tata Bahasa Indonesia. Bandung : CV Rosda

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto. 2013. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Akbar, Sa’dun. (2013) Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hadi, syaiful. (2013) Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa Sd Kelas Iv Semen Gresik. Online jdih, 13 (1) : 11




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p19-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats