Pembelajaran Toilet Training bagi Siswa Tunagrahita

Dinda Aryani Pratiwi, Usep Kustiawan

Abstract


Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki daya pemikiran rendah. Toilet training adalah
usaha melatih anak agar mampu mengontrol melakukan Buang Air Kecil (BAK) maupun Buang Air
Besar (BAB). Pembelajaran toilet training pada tunagrahita perlu diberikan, mengingat rendahnya
intelektual yang menyebabkan kesulitan belajar secara mandiri. Oleh karena itu, pemilihan media dan
bahan ajar juga perlu diadakan/dikembangkan. Dalam membelajarkan toilet training pada tunagrahita
diantaranya dapat menggunakan buku panduan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku
paduan pembelajaran toilet training yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa tunagrahita.
Pengembangan buku panduan ini mengadaptasi langkah-langkah model pengembangan dari Borg and
Gall. Buku panduan ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukan dari
hasil validasi dan uji coba produk. Hasil validasi dari ahli media 91,66%. ahli materi sebesar 75%, dan
ahli pembelajaran ABK adalah 94,23%. Hasil rata-rata dari ketiga validasi adalah 86,96% dengan kriteria
sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil uji coba individu adalah 76% dan hasil uji coba kelompok
76,5% dengan kategori tinggi dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Student with intellectual disabilities is someone who has low thinking capacity. Toilet training
is an effort to train children to be able to control the disposal (BAK) and defecate (BAB). toilet training
learning for students with intellectual disabilities needed, because the low intellectual ability possessed
by students with intellectual disabilities, therefore the selection of media and teaching materials also
need to be held/developed. In teaching toilet training learning on student with intellectual disabilities
can use the guidebook. The purpose of this research is to produce instructional guidebook for toilet
training that is suitable with the characteristics and needs of students with intellectual disabilities. The
research and development of this instructional guidebook use the steps of the development model of
Borg and Gall. The results of research and development showed that guidebook was feasible to use in
the learning proses. Validation results from media experts 91.66%. Material experts by 75%, and ABK
learning experts was 94.23%. The average result of all three validations was 86.96% with very valid
criteria and was feasible to use.


Keywords


Buku Panduan, Toilet Training, Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Akbar, S (2016) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astati. (2010). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung. Catur Karya Mandiri

Azizah, R.S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbelanja Siswa Tunagrahita Kelas VI Dengan Menggunakan Media Gambar Di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Borg, W.R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelaianan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Indrawati, R.D. (2014). Pengembangan Buku Panduan Pengemasan Sayur Organik Bagi siswa Tunagrahita Ringan SMPLB di SLB PTN Bagian C Lawang Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Kustawan, D & Yanti L. (2014). Program Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Soemantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Panjaitan, R. Dkk. (2013). Meningkatkan Kemampuan Toilet Training Melalui Analisis Tugas Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Khusus Volume 2 Nomor 3 September 2013. Sudjana. (2007). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Dasar RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online (Availablehttp://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf ) diakses tanggal 22 Februari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats