Modul Seni Tari untuk Mengoptimalkan Pendidikan Karakter pada Anak Tunarungu

Arie Michael Roosmaya, Endro Wahyuno

Abstract


Siswa tunarungu yang mengalami kesulitan menerima dan gangguan dalam persepsi bunyi dan
irama sehingga memiliki efek yang kompleks pada gangguan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengembangkan modul pembelajaran instruksional untuk mengajar tari dan untuk menentukan
efektivitas dari seni materi pengajaran di SDLB Putra Jaya Malang. Penelitian ini menggunakan metode
R & D yang terinspirasi dari model Sugiyono. Penelitian ini menunjukkan bahwa modul seni tari efektif
dengan nilai 75% dan dengan kategori valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul seni tari dapat
digunakan dalam pembelajaran siswa tunarungu.

Students with hearing impairment have difficulty in receiving information and the perception
of sound and rhythm so that it has a complex effect such adaptive behavioral. The purposes of this study
was to develop instructional learning module for teaching dance, and to determine the effectiveness of the
teaching material art of dance in SDLB Putra Jaya Malang. This research uses R & D which is inspired
by Sugiyono models. The research showed that the module with score 75% was valid. The conclusion of
this research is the dance module can be used social learning at hearing impairment students.


Keywords


Modul Seni Tari; Pendidikan Karakter; Tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, T. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung dalam Tari Topeng Lengger Kinayakan di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, A. (2011). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p39-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats