Penggunaan Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Tunagrahita Ringan

Sigit Lego Wicaksono, Endro Wahyuno, Usep Kustiawan

Abstract


Siswa tunagrahita ringan kesulitan dalam mempelajari matematika penjumlahan mata uang sehingga membutuhkan permainan yang mendukung dalam pembelajaran yaitu dengan permainan monopoli. Tujuan kajian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan monopoli dalam penjumlahan mata uang pada anak tunagrahita ringan. Kajian ini menggunakan rancangan penelitian Pre experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek kajian ini adalah 5 siswa tungrahita ringan kelas VI. Pengumpulan data dengan memberikan pretest, treatment dan post test. Analisis data menggunakan uji jenjang – bertanda Wilcoxon. Hasil uji hipotesis yaitu Thitung (15) > Ttabel (1), maka H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Mata Uang Pada Siswa Tunagrahita Ringan. Bagi guru dapat menerapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan monopoli.

Student with intellectual disability difficulty in learning mathematics sum of currency and thus require games that support learning that is with the game of monopoly.The aim of this study was to the abilty of the effects of monopoly game usage toward mathematic learning outcome of courency summing for students with mild intellectual disabilities. This study was Pre experimental design form one group pretest-posttest design. The subjects were 5 students with mild intellectual disabilities in the Class VI. Collecting data was giving pretest, treatment and post test. Data analysis was wilcoxon’s signed rank test. Hypothesis test results showed that the value of T count (15)> T table (1), then H1 be accepted. Conclusions in study indicate that there are the effects of monopoly game usage toward mathematic learning outcome of courency summing for students with mild intellectual disabilities. For the teacher can apply mathematical learning using Monopoly game.


Keywords


Permainan Monopoli; Hasil Belajar Matematika; Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Djarwanto. (2004). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE

Kustiawan, Usep. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Purwanto, Edy. (2005). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran.Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukotjo & Triarini, whening D. (2015). Buku Guru Pahlawanku Seri Pembelajaran Terpadu untuk Tunagrahita. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wijaya, Ardhi. 2013. Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Imperium




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p65-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats