Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Qur’an terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an Siswa Tunarungu
Abstract
Minat membaca Al Qur’an pada anak tunarungu sangatlah kurang. Usaha meningkatkan minat membaca permulaan Al Qur’an pada anak tunarungu diperlukan media pembelajaran yang tepat. Dalam upaya untuk membantu meningkatkan penguasan huruf Alqur’an pada siswa tunarungu peneliti mencoba dengan suatu media, yaitu dengan media papan flannel Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca huruf Al-Qur’an siswa Tunarungu sebelum, sesudah dan apakah terdapat pengaruh dalam menggunakan media papan flannel Qur’an terhadap kemampuan membaca huruf Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi-experimen dengan desain time series design, yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok kontrol atau pembanding.
Interest in reading the Qur’an at children with hearing impairment is less . An effort to increase interest in reading the beginning of the Qur’an on media hearing impairment learning the right required. In efforts to help improve the tenure review letters Quran hearing impairment Students researchers trying in with a media, Qur’an Board Flannel Media. The purpose is to review research know how the ability to read the letter al - Qur’an before hearing impairment students, then and does the effect of Qur’an Board Flannel Media towards Upgrading capability of Al-Quran Letter Reading for students with Hearing Impairment. This study used was a quasi-experimental research design with design time series. The experiment conducted on a group was without using a control or comparison group. The sample used in this study was not random.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Putro, Eko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p69-73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats