Metode Visual, Auditory, Kinesthetic, And Tactile (Vakt) dalam Menulis Permulaan Anak Dysgraphia

Lutfia Rahmansyah, Abdul Huda, Saichudin Saichudin

Abstract


Siswa dysgrafia memerlukan metode yang mampu memudahkan dalam menulis permulaan salah satunya yaitu metode VAKT. Metode VAKT merupakan metode dengan pendekatan multisensoris. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode VAKT. Mendeskripsikan pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan menulis permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A sebanyak 14 sesi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga fase terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa metode VAKT mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis permulaan anak dysgrafia.

Dysgrafia studens need a method that is able to facilitate in writing commencement is a VAKT method. The VAKT is a method with approach multisensoris. The purpose of the research was to discrabe the ability of handwriting before and after being used VAKT method. The effect of VAKT method towards the ability of handwriting. This research was using the experiments with SSR (Single Subject Research) with the A-B-A design in 14 sessions. Analysis of the data used was the analysis of the conditions and analysis among the conditions. Based on the result the third phase there was an increase in the ability to handwriting were significant. It was demonstrated that the VAKT method effect the increase in the ability of andwriting children with dysgrafia


Keywords


Metode VAK;, Menulis Permulaan; Dysgrafia

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar (Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya). Bogor: Ghalia Indonesia.

Maulana, Syafrina. Dkk. (2013). Efektifitas Metode Vakt Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2 (3). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php.jupekhu ), di akses 12 Februari 2016.

Setyaningsih, Wiwik. Dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Tingkat Kata dengan Metode Multisensori pada Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Surakarta. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan. 2(2). (Online). (www.e-jurnal.com) di akses 10 Mei 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p77-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats