Pengembangan Media Pembelajaran Sex Education berbasis Microsoft Power Point untuk Anak Tunagrahita
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran sex education berbasis Microsoft Power Point untuk anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan tahapan: (1) pengumpulan informasi, (2) perancangan, (3) pengembangan produk pendahuluan, dan (4) uji coba skala kecil, dan (5) revisi produk pendahuluan. Subjek penelitian di dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan 12 siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dengan skala likert 5 skala. Instrumen yang digunakan terdiri dari 3 jenis instrument angket yaitu untuk ahli materi, ahli media, dan pengguna dalam hal ini siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan rumus rata-rata (Mean) yang selanjutnya dikategorikan ke dalam kategori kelayakan 5 kategori yaitu dari tidak layak sampai dengan sangat layak. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk berupa media pembelajaran sex education berbasis Microsoft Power Point untuk anak tunagarahita. Uji kelayakan yang diperoleh dari produk ini adalah layak dari segi materi sebesar (3,8), layak dari segi desain sebesar (3,6), dan layak dari segi pengguna (3,9). Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut disimpulkan bahwa media sex education untuk anak tunagarahita yang dihasilkan dalam penelitian layak untuk digunakan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. L. G. K. Widiastuti, “Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku,” Indones. J. Educ. Res. Rev., 2020, doi: 10.23887/ijerr.v3i2.25067.
N. Sakiinatullaila, F. D. K, M. Priyanto, W. Fajar, and I. Ibrahim, “Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner,” J. Pendidik. Mat., 2020, doi: 10.21043/jmtk.v3i2.7471.
W. Tan and D. P. Ramadhani, “Pemenuhan Hak Bekerja bagi Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Batam,” J. HAM, 2020, doi: 10.30641/ham.2020.11.27-37.
R. Asmaul, Y. Karyanto, and A. Rafikayati, “Metode Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Mengolah Kue Nusantara Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu),” JPK (Jurnal Pendidik. Khusus), 2020, doi: 10.21831/jpk.v16i2.36634.
N. Fadillah, “Peran BP4 Terhadap Pemahaman Dalam Wawasan Berkeluarga Calon Pengantin (Studi BP4 Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang).,” al-Shifa, 2015.
D. Ramawati, A. Allenidekania, and B. Besral, “Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak,” J. Keperawatan Indones., 2012, doi: 10.7454/jki.v15i2.32.
A. L. Hidayat, “Peran Komunikasi Keluarga dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di Yayasan Rumah Bersama,” MEDIALOG J. Ilmu Komun., 2021, doi: 10.35326/medialog.v4i1.1010.
F. Setiawan, “MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA,” J. Tunas Pendidik., 2021, doi: 10.52060/pgsd.v3i2.456.
S. M. M. Lumban Gaol and K. Stevanus, “Pendidikan Seks Pada Remaja,” FIDEI J. Teol. Sist. dan Prakt., 2019, doi: 10.34081/fidei.v2i2.76.
umu H. EN, F. Rohmah, and Nasriyani, “Pengaruh Pendidikan Seks terhadap Pengetahuan tentang Organ Reproduksi pada Remaja Disabilitas (Tunadaksa) di SMA SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta,” J. Kebidanan, 2017.
S. Aziz, “PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” J. Kependidikan, 1970, doi: 10.24090/jk.v2i2.559.
A. Rafikayati, “EFEKTIVITAS PROGRAM AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) DALAM MENINGKATKAN SKILL ORANGTUA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DALAM MELAKSANAKAN TERAPI SECARA MANDIRI,” Help. J. Bimbing. dan Konseling, 2017, doi: 10.36456/helper.vol32.no2.a464.
H. Karyono, A. Rafikayati, and M. Rafikayati, “Feasibility Study of The Wechsler Intelligence Scale For Children (WISC) Intelligence Test Application for Children with Hearing Impairment,” 2018, doi: 10.2991/indoeduc-18.2018.24.
A. Rafikayati and M. Muhyi, “Pengembangan Bahan Ajar Audio dalam Pembelajaran Daring untuk Mahasiswa Tunanetra di Universitas PGRI Adi Buana,” J. Ortopedagogia, 2020.
M. F. Herdianingsih, E. Wahyuno, and P. Pramono, “Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita,” J. ORTOPEDAGOGIA, 2019, doi: 10.17977/um031v4i12018p039.
S. F. M. SARI, B. BINAHAYATI, and B. M. TAFTAZANI, “PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB N PURWAKARTA),” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., 2017, doi: 10.24198/jppm.v4i2.14273.
P. Ambarwati and P. S. Darmawel, “IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA,” Maj. Ilm. UNIKOM, 2020, doi: 10.34010/miu.v18i2.3936.
I. K. A. Pradnyana, I. M. A. Pradnyana, and P. W. A. Suyasa, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PPKN untuk Siswa Tunagrahita dengan Konsep Gamifikasi,” Pendidik. Teknol. dan Kejuru., 2020.
F. Mushthofaiyyah, E. E. Subekti, and K. Kuswandari, “Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Media PPT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Tema 7 Perkembangan Teknologi di SD Negeri 1 Klepu Kabupaten Temanggung,” J. Paedagogy, 2021, doi: 10.33394/jp.v8i3.3896.
E. Yafie, T. Iriyanto, L. Gonadi, and S. Wahyuni, “Worksop Pembuatan Media Education Berbasis PPT Anak Usia Dini untuk Guru Se-Kota Malang dan Alumni PGPAUD Universitas Negeri Malang,” J. Karinov, 2018.
N. Ishartono and S. Sufahani, “A metacognition analysis of male and female pre-service teachers in making powerpoint (PPT) as a learning media,” Int. J. Recent Technol. Eng., 2019.
M. Tawil and A. Dahlan, “Application of Interactive Audio Visual Media to Improve Students’ Creative Thinking Skill,” 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1752/1/012076.
W. Wahyuningtyas,.Febriana.,& Wiwik, “Penerapan metode resitasi berbasis android terhadap perilaku sosial pada anak tunagrahita ringan,” J. Pendidik. khusus, 2019
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i12024p53-59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats