Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Autis dengan Latihan Gerak Manipulatif (Single Subject Research)

Suprihatin Suprihatin, Lalan Erlani, Sarah Sarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis jenjang TK di SLB Maitri School dengan Latihan gerak manipulatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan dianilisis menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pencatatan trial skor perolehan pada setiap sesi. Hasil analisis data diperoleh pada fase baseline (A1) dengan 3 kali pertemuan dari indikator melempar bola kearah dinding, melempar bola ke dalam keranjang, melempar bola ke arah cone dan menangkap bola presentase stabilitasnya 100% (belum stabil). Pada fase intervensi dengan 8 pertemuan dan pada fase baseline (A2) presentase stabilitasnya 100% (sudah stabil). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan latihan gerak manipulatif mampu meningkatkan motorik kasar pada peserta didik autis jenjang TK di SLB Maitri School Jakarta Timur. Oleh karena itu guru dapat menggunakan latihan gerak manipulatif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis.


Keywords


Motorik kasar; autis; gerak manipulatif

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. (2013) Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders Fifth Edition (DSM-5). Washington: American Psychiatric Publishing.

Arni kurniati, Sopiah. STIMULASI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN TITIAN, jurnal ASGHAR Volume 1 Nomor 1 (2021).

Asep Karyana, Asep Ading Sarip Hidayat, Bina Gerak Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa (Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA, 2013) hal.2.

Asep Prasetyo dan Bernadeta Suhartini, Kemampuan Motorik Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 3 Bantul, Jurnal Ilmiah FIK, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014, h. 2.

Bima sakti bagaswara Prabowo, M. Ilham, Ari widowati, Pengembangan Alat Latihan motorik kasar pada anak autism. 2021. Diunduh pada 1 Oktober 2023.

Budi Sulistyani, “Meningkatkan Kemampuan Gerak Manipulatif Melalui Menggiring Bola Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Tlogolelo Kokap Kulon Progo”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 9 Tahun ke-5, 2016, h. 19.

Daulay, Nurul Sakinah, (2017), Struktur Otak dan Keberfungsiannya pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autis: Kajian Neuropsikologi, Jurnal Buletin Psikologi. Vol. 25, No. 1, p 13.

Deden Koswara, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis (Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA 2003) hal.10

Hembing Wijaya Kusuma, Psikoterapi Anak Autisma (Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2004) hal 24.

Imam Yuwono, PENELITIAN SSR (SINGLE SUBJECT RESEARCH) (Banjarmasin: PLB FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT) hal 21.

Jhony Hendra dan Ghazali Indra Putra, “Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga di Taman Kanak Kanak”, Jurnal Muara Pendidikan, (Vol. 4 No. 2, 2019).

Joko Yuwono, Memahami Anak Autistik (Kajian Teoritik dan Empirik), (Bandung: ALFABETA, 2012). hal 24

Juang Sunanto, Koji Takeuchi, Hidio Nakata, Penelitian Dengan Subjek Tunggal (Bandung : PLB FIB UPI , 2006). Di unduh pada tanggal 27 April 2023.

Kresno Mulyadi, Rudy Sutadi, Autism is Curable (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014) hal 5-6

Laura carpenter, DSM-5 AUTSM SPECTRUM DISORDER, 2013, (https://bit.ly/45HO8Yp) hal 1-5 Diunduh tanggal 6 Oktober 2023.

Maria Hidayanti, Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak, Jurnal Ilmiah PAUD PPs volume 7, Universitas Negeri Jakarta, 2013, h. 196.

Martini Jamaris, Anak Berkebutuhan Khusus (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2018) hal.86

Pospodari, Meningkatkan Kemampuan Peserta didik Dalam Pembelajaran Lokomotor,nonlokomotor, dan Manipulatif Dengan Metode Bermain Pada Peserta didik Kelas 1SD Negeri Kandangan III Surabaya, Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Unipersitas Nusantara PGRI Kediri.

Rahmawati, E. (2017). Jurnal Pendidikan : Early Childhood PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK STIMULASI KETERAMPILAN GERAK DASAR MANIPULATIF ANAK USIA 2-, 1(2), 1–13.

Rifa Auliya Imani, Heri Yusuf Muslihin, Elan. PERMAINAN BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN GERAK MANIPULATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.4 No. 2, Desember 2020 page 273-284.

Sujiono, B dkk. (2010). Metode Pengembangan Fisik, Cet.13. Jakarta: Universitas Terbuka

Syahrial Bakhtiar. (2015). Merancang pembelajaran gerak dasar anak, Penerbit: UNP Press Padang.

Universitas Negeri Jakarta, Pedoman Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Jakarta: Direktorat Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan) hal.110

Y.Handojo, MPH, Autis Pada Anak (Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer, 2009), hal.3

Yudrik jahja, Psikologi Perkembangan (Jakarta: Prenadamedia Group, 2011) hal 185.

Zherly Nadia Wandi, Farida Mayar. Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase, Jurnal Ilmiah Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 351-358.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i12024p31-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats