Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunagrahita Ringan
Abstract
Terdapat 5 siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti siwi yang belum memahami konsep menyusun kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan dan meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti Siwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian metode Pre-Experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB di SLB Bakti Siwi yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, treatment (perlakuan), dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media wordwall dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti Siwi. Hal tersebut dilihat dari perubahan hasil pre-test dan post-test dalam materi menyusun kalimat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AAIDD. (2021). Intellectual Disability. In American
Association on Intellectual and Developmental
Disability.
Ahmad, A., Rachman, D. A., Istiqomah, R., Putri, F. R.,
& Johari, Z. A. F. (2024). PENGARUH GAMES
BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI
WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA
KELAS 2 SD. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran, 2(2), 247-253.
Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan
scramble dalam menyusun kalimat pada siswa
tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 43-46.
Aprilia, D. I. D. (2016). Modul Guru Pembelajar
Sekolah Luar Biasa Tunarungu. PPPPTK TK Dan
PLB Bandung.
Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh
Penggunaan Media Sempoa Geometri pada
Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal
Ortopedagogia, 5(1), 12-17.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
Ortopedagogia, 4(2), 82-86.
Hikma, N., Santoso, A., & Zahro, A. (2024). Pemanfaatan
Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam
Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis
Teks Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa,
dan Sastra, 10(4), 4060-4069.
Khaula. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyusun
Kalimat Dengan Media Puzzle Kalimat Bagi
Anak Tunarungu Kelas Dasar IV Di SLB B
Wiyata Dharma 1 Sleman, D.I. Yogyakarta. Widia
Ortodidaktika, 7(8), 811–825.
Nisa, K., Arifin, I., Kuswandi, D., & Saputra, K.
(2022). Penggunaan Media Word Wall pada
Membaca Permulaan di Owl Class Kelompok
B TK Laboratorium UM Malang. Khidmatuna:
Journal of Research and Community Service,
(1), 40-47.
Oktavianita, S., & Wahidin, W. (2022). Gestur
Siswa Slow Learner dalam Belajar Matematika
Menggunakan Aplikasi Wordwall di Sekolah
Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4802-4811.
M.
Purnomo, A., Sinta, P. P., Himawanti, R., & Zulfiati,
H.
(2023).
PENGGUNAAN MEDIA
WORDWALL BERBASIS TPACK PADA
PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK
KELAS VI SDN GODEAN 3. Pendas: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6391-6404.
Sugiyono. (2023).
METODE PENELITIAN
KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.
Alfabeta.
Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1
sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak
Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai,
(2), 16895-16903.
Widyatna, E., Mariati, P., & Dewi, B. S. (2023,
June). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek
Berbantu Medıa Wordwall untuk Meningkatkan
Keterampilan
Menulis
Kalimat
Sederhana
pada Kelas I. In PROSIDING NATIONAL
CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1,
pp. 353-358).
Yanti, Y., Raharjo, T. J., & Sumarni, W. (2022). The
Improvement of Students’ Learning Outcomes
and Report Writing Skills at The Sixth Grade
Elementary School Use the Learning Model
Think-Talk-Write and Wordwall Media. Journal
of Primary Education, 11(1), 53-63
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i22024p83-86
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats