Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Tunagrahita Ringan

Rifandi Arya Sasmita, Ramdhan Harjana

Abstract


Terdapat 5 siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti siwi yang belum memahami konsep menyusun kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan dan meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti Siwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian metode Pre-Experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB di SLB Bakti Siwi yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, treatment (perlakuan), dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media wordwall dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti Siwi. Hal tersebut dilihat dari perubahan hasil pre-test dan post-test dalam materi menyusun kalimat. 


Keywords


Tunagrahita; Bahasa Indonesia; Media Wordwall

Full Text:

PDF

References


AAIDD. (2021). Intellectual Disability. In American

Association on Intellectual and Developmental

Disability.

Ahmad, A., Rachman, D. A., Istiqomah, R., Putri, F. R.,

& Johari, Z. A. F. (2024). PENGARUH GAMES

BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI

WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA

KELAS 2 SD. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran, 2(2), 247-253.

Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan

scramble dalam menyusun kalimat pada siswa

tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 43-46.

Aprilia, D. I. D. (2016). Modul Guru Pembelajar

Sekolah Luar Biasa Tunarungu. PPPPTK TK Dan

PLB Bandung.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

Ortopedagogia, 5(1), 12-17.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

Ortopedagogia, 4(2), 82-86.

Hikma, N., Santoso, A., & Zahro, A. (2024). Pemanfaatan

Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam

Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis

Teks Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa,

dan Sastra, 10(4), 4060-4069.

Khaula. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyusun

Kalimat Dengan Media Puzzle Kalimat Bagi

Anak Tunarungu Kelas Dasar IV Di SLB B

Wiyata Dharma 1 Sleman, D.I. Yogyakarta. Widia

Ortodidaktika, 7(8), 811–825.

Nisa, K., Arifin, I., Kuswandi, D., & Saputra, K.

(2022). Penggunaan Media Word Wall pada

Membaca Permulaan di Owl Class Kelompok

B TK Laboratorium UM Malang. Khidmatuna:

Journal of Research and Community Service,

(1), 40-47.

Oktavianita, S., & Wahidin, W. (2022). Gestur

Siswa Slow Learner dalam Belajar Matematika

Menggunakan Aplikasi Wordwall di Sekolah

Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4802-4811.

M.

Purnomo, A., Sinta, P. P., Himawanti, R., & Zulfiati,

H.

(2023).

PENGGUNAAN MEDIA

WORDWALL BERBASIS TPACK PADA

PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK

KELAS VI SDN GODEAN 3. Pendas: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6391-6404.

Sugiyono. (2023).

METODE PENELITIAN

KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.

Alfabeta.

Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan

Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1

sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak

Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai,

(2), 16895-16903.

Widyatna, E., Mariati, P., & Dewi, B. S. (2023,

June). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek

Berbantu Medıa Wordwall untuk Meningkatkan

Keterampilan

Menulis

Kalimat

Sederhana

pada Kelas I. In PROSIDING NATIONAL

CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1,

pp. 353-358).

Yanti, Y., Raharjo, T. J., & Sumarni, W. (2022). The

Improvement of Students’ Learning Outcomes

and Report Writing Skills at The Sixth Grade

Elementary School Use the Learning Model

Think-Talk-Write and Wordwall Media. Journal

of Primary Education, 11(1), 53-63




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i22024p83-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats