Penerapan Metode Multisensori Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Anak ABK di Sekolah Inklusi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2012). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.
De Picker, M. (2020). Rethinking inclusion and disability activism at academic conferences: strategies proposed by a PhD student with a physical disability. Disability and Society, 35(1), 163–167. https://doi.org/10.1080/09687599.2019.1619234
Gustiani, N., Asmiati, N., & Pratama, T. Y. (2022). PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. Holistika, 6(1).
Husen, A., Casmana, R. A., Hasan, O. R., & Erfinda Yosi. (2022). Journal of Social Studies Education Research Implementation of Teaching Character Education, Particularly in Environmental Care Value, in Labschool Jakarta. 2022(13), 225–249. www.jsser.org
Komalasari, M. D., & Pamungkas, B. (2018). EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTISENSORIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INKLUSI. 5(1), 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd
Mercer, C. D., & Pullen, P. C. (2009). WHAT IS SPECIAL EDUCATION INSTRUCTION? In WHAT IS SPECIAL EDUCATION INSTRUCTION?
Mulyanti, A., & Lestari Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Untan, S. (2013). ANALISIS PENERAPAN METODE GAMES (PERMAINAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9).
. Prasetiyo, W. H., Ishak, N. A., Basit, A., Dewantara, J. A., Hidayat, O. T., Casmana, A. R., & Muhibbin, A. (2020). Caring for the environment in an inclusive school: The Adiwiyata Green School program in Indonesia. Issues in Educational Research, 30(3).
Prasetyaningrum, S., & Faradila, A. (2019). Application of VAKT Methods (Visual, Auditory, Kinestetic, and Tactile) to Improve The Ability Reading for Mild Mental Retardation.
. Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055
Purbasari Anjarwati, Y., Hendriani. Wiwin, & Yoenanto Hery, N. (2021). PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Pendidikan, 7(1).
Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1471–1478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941
Rovigo, A. R. (2019). Pendekatan VAKT Terhadap Kemampuan Membaca Untuk Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus.
Ruby, A. C., & Azizah, W. (2022). Intervensi Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Membaca Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar Disleksia. 4(2).
Sandjaja, M. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.613
Smith J, D. (2006). inklusif sekolah ramah untuk semua. Nuansa.
Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623
Syalviana, E. (2019). AL-MAIYYAH Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan Metode Multisensori Sebagai Penanganan Kesulitan Membaca Siswa Retardasi Mental. AL-MAIYYAH Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 12(1).
Tarjiah, I., Supena, A., Pujiastuti, S. I., & Mulyawati, Y. (2023). Increasing the reading ability of a student with dyslexia in elementary school: an explanatory case study by using family support, remedial teaching, and multisensory method. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1022580
Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). EFEKTIFITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR The Effectiveness of the Multisensory Method in Improving Reading Skills of Dyslexic Students in Elementary Schools. 15(01), 2623–2685.
Wulandari, yeni. (2020). INTERVENSI METODE BELAJAR MULTISENSORI UNTUK ANAK DISLEKSIA (Studi Kasus Seorang Anak Laki-laki inisial YA).
Yusuf, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar (1st ed., Vol. 9796682710). Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Zuhroh, L., & Nugrahani, R. F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode VATK (Visual, Audio, Taktil, Kinestetik) pada Anak Kesulitan Membaca di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1854–1860. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.438
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i22024p87-95
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats