Pengembangan Mini Car For Amputee untuk Disabilitas Daksa Amputasi Tangan dan Kaki

Asrorul Mais, Ahmad Zaki Emyus, Marsidi Marsidi, Basuki Hadiprayogo, Inna Hamida Zusfindhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mini car for amputee untuk Disabilitas Daksa Amputasi Tangan dan Kaki. Metode ADDIE digunakan untuk mengembangkan mobil ini. Metode ini mencakup tahapan analisis,, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil analisis ini digunakan sebagai dasar untuk merancang prototipe kendaraan yang memiliki fitur khusus, seperti sistem kemudi dan kontrol yang dapat dioperasikan tanpa tangan dan memungkinkan akses yang mudah bagi disabilitas daksa amputasi tangan dan kaki. Prototipe kendaraan dirancang dan diuji secara menyeluruh untuk memastikan bahwa mereka andal dan mudah digunakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe Mini car for amputee ini dapat membantu penyandang disabilitas daksa bergerak dengan aman dan efisien. Implementasi dimulai dengan memodifikasi mobil untuk diuji di berbagai kondisi lingkungan. Penggunaan kendaraan ini menunjukkan kepuasan yang tinggi, terutama dalam hal kemudahan penggunaan dan peningkatan mobilitas yang signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa mini car for amputee merupakan kendaraan yang inovatif dan bermanfaat bagi penyandang disabilitas daksa amputasi tangan dan kaki. Namun, untuk memastikan bahwa produk ini dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan, masih diperlukan lebih banyak pengembangan dan dukungan berkelanjutan.

Keywords


Disabilitas daksa; mini car for amputee; amputasi tangan dan kaki

Full Text:

PDF

References


Bilqis. (2014). Lebih Dekat dengan Anak Tunadaksa. Yogyakarta: Diandra Kreatif

Dewi, I. A. P. I. K., Dantes, K. R., & Elisa, E. (2022). Analisis Tingkat Kelayakan Prototype Kendaraan Electric Ganesha Disabilities (E-Gadis). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10(1), 28-39.

Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Fahimeh Golbabaei, James Dwyer, Rafael Gomez, Andrew Peterson, Kevin Cocks, Alexander Bubke, Alexander Paz. (2024). Enabling mobility and inclusion: Designing accessible autonomous vehicles for people with disabilities. The International Journal of Urban Policy and Planning. 154 (105333). 1-19.

Gangga, Wahyu Tri (2022) Uji Performa Electric Bicycle Brushless Dc Roda 3 Untuk Penyandang Disabilitas Tuna Daksa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

Gomez, R., Peterson, A., Dwyer, J., Cook, D., Dekker, F., & Paz, A. (2024, January). Enabling Inclusive Mobility: Principles for Accessible Automated Vehicles for People with Disabilities to Enhance Social Inclusion and Well-Being. In 103rd Transportation Research Board (TRB) Annual Meeting.

Mais, A., Zusfindhana, I.H., Megaswarie, R. (2021). Pengembangan Adaptive Hand Control Drive pada Mobil untuk Disabilitas Daksa. Jurnal Ortopedagogia. 7 (2), 125-129.

Mais, A., Zusfindhana, I. H., & Kismawiyati, R. (2021). Motor Modifikasi untuk Mendukung Mobilitas Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Tunadaksa. Jurnal Ortopedagogia, 7(1), 44-48.

Martelaro, N., Carrington, P., Fox, S., & Forlizzi, J. (2022, September). Designing an inclusive mobile app for people with disabilities to independently use autonomous vehicles. In Proceedings of the 14th International Conference on Automotive User Interfaces and Interactive Vehicular Applications (pp. 45-55).

Norhalim, Muhamad. (2019). Keberfungsian Sosial Penyandang Disabilitas Tunadaksa Pasca Pemanfaatan Modifikasi Motor Roda Tiga di Komunitas Difabel Motor Community Ciputat Timur. (Sktipsi). UIN Syarif Hidayatullah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Rahardja, Djadja. (2010). Sistem Pengajaran Modul orientasi dan Mobilitas. Bandung: UPI

S. Allu, dkk. (2017). Accessible Personal Transportation for People with Disabilities Using Autonomous Vehicles. USA: Grand Challenges in Accessibility Purdue University.

Setiadi, Y., Yuliatmojo, A., & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Penerbit Andi.

Sugiarmin, Mohamad. (2010). Pengembangan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Seting Pendidikan Inklusif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Togala, M. (2019). Desain Instruksional dengan Pendekatan ADDIE: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i22024p96-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats